
The Effectiveness Of ELSA Speak Application On Students' Speaking Skill At Tenth Grade Of MAN Tarakan
Pengarang : Febrianti Rahayu - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Kemampuan berbicara bahasa inggris menjadi sangat penting, karena kemampuan ini mengekspresikan pikiran, perasaan, dan ide dalam situasi nyata melalui proses yang dinamik dan interaktif untuk tujuan personal dan profesional. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efek dari penggunaan aplikasi ELSA Speak terhadap kemampuan berbicara siswa kelas 10 MAN Tarakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra-eksperimen. Sampel dari penelitian ini adalah kelas X-5 yang terdiri dari 33 siswa, yang diseleksi menggunakan cluster random sampling. Tahapan penelitiannya adalah pre-test, treatment, dan post-test. Treatmen diberikan selama 5 pertemuan. Pre-test dan post-test difokuskan untuk menguji kemampuan bahasa inggris dalam aspek pelafalan, tata bahasa, kosakata, kelancaran, dan pemahaman. Data pre-test dan post-test dianalisis secara statistik menggunakan non-parametrik Wilcoxon Signed-Rank test. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa nilai p-value 0,00 jauh dibawah standar operasional 0,05 dengan nilai Z score -5.152 mengindikasikan bahwa perlakuan dengan menggunakan aplikasi ELSA Speak menunjukkan efek yang signifikan terhadap kemampuan berbicara siswa kelas 10 MAN Tarakan. Fitur ’study by topic’ pada aplikasi ELSA Speak menjadi fitur yang paling membantu dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa karena menyediakan latihan berbicara yang kontekstual dan relevan dengan situasi kehidupan nyata.
Kata Kunci: Aplikasi ELSA Speak, Kemampuan Berbicara, Media Pembelajaran
English speaking skill is very crucial because this ability expresses thoughts, feelings, and ideas in real situations through a dynamic and interactive process for personal and professional purposes. The purpose of this study was to investigate the effectiveness of using ELSA Speak application on speaking skill of 10th grade students of MAN Tarakan. The method employed in this study was a pre-experimental. The sample of this study was class X-5 consisting of 33 students, who were selected through cluster random sampling. The stages of the study were pre-test, treatments, and post-test. Treatment was given for 5 meetings. The pre-test and post-test focused on testing English language skills in the aspects of pronunciation, grammar, vocabulary, fluency, and comprehension. Pre-test and post-test data were analysed statistically using the non-parametric Wilcoxon Signed-Rank test. The results of the statistical analysis showed that the p-value of 0.00 was far below the operational standard of 0 05 with a Z score of -5.152 indicating that the treatments using ELSA Speak application showed a significant effect on speaking skill of 10th grade students of MAN Tarakan. The 'study by topic feature in ELSA Speak application was the most effective feature in improving students' speaking skill because it provided contextual and relevant speaking exercises to real-life situations. Keywords: ELSA Speak Application, Speaking Skill, Learning Media