DESKRIPSI KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS V B PADA ELEMEN BILANGAN DI SD NEGERI 032 TARAKAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of DESKRIPSI KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS V B PADA ELEMEN BILANGAN DI SD NEGERI 032 TARAKAN

DESKRIPSI KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS V B PADA ELEMEN BILANGAN DI SD NEGERI 032 TARAKAN

Pengarang : Marta - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Numerasi merujuk pada kemampuan individu dalam menggunakan pengetahuan matematikanya untuk menyelesaikan permasalahan dari berbagai konteks kehidupan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan numerasi siswa kelas V B pada elemen bilangan di SD Negeri 032 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan tes numerasi dan angket wawancara. Penelitian ini mengambil 3 siswa sebagai representasi dari 1 kategori kemampuan tinggi, 1 kategori sedang, dan 1 kategori rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan numerasi siswa kelas V B cenderung berhasil memenuhi indikator 1, 2, dan 4 yaitu mampu menggunakan berbagai macam angka dan simbol yang berkaitan dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah dalam konteks kehidupan sehari-hari, mampu membaca informasi pada tabel, dan mampu mengubah pecahan yang ditampilkan dalam bentuk simbol matematika ataupun gambar. Namun, cenderung belum memenuhi pada indikator 3, yaitu dapat menghitung menggunakan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Kesimpulannya menunjukkan bahwa kemampuan numerasi siswa sudah mampu membaca dan menganalisis informasi pada tabel, namun belum mampu menghitung menggunakan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan.
Kata kunci: Kemampuan Matematika, Numerasi, Siswa kelas V B SDN 032 Tarakan

Numeracy refers to an individual's ability to utilize mathematical knowledge to solve problems across various real-life contexts. This study aims to describe the numeracy skills of fifth-grade B students, specifically concerning number elements, at SDN 032 Tarakan. This study employs a descriptive qualitative approach Data collection was conducted using numeracy tests and interview questionnaires The researcher selected three students to represent each ability category one high-ability student, one medium-ability student, and one low-ability student. The findings indicate that the numeracy skills of fifth-grade B students generally succeeded in meeting indicators 1, 2, and 4 Specifically, they were capable of utilizing various numbers and symbols related to basic mathematics to solve problems in everyday life contexts, capable of reading information from tables, and capable of converting fractions presented in mathematical symbols or images However, students generally struggled to meet indicator 3, which involves calculating using fraction addition and subtraction operations. In conclusion, the students numeracy skills demonstrate proficiency in reading and analyzing information from tables, but they have not yet mastered calculations involving fraction addition and subtraction. Keywords. Mathematical Ability, Numeracy, Fifth Grade B Students, SDN 032 Tarakan

Detail Informasi