PENGEMBANGAN LKPD GEOMETRI BANGUN RUANG BERDASARKAN TEORI VAN HIELE PADA SISWA KELAS IV SDN 015 TARAKAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of PENGEMBANGAN LKPD GEOMETRI BANGUN RUANG BERDASARKAN TEORI VAN HIELE PADA SISWA KELAS IV SDN 015 TARAKAN

PENGEMBANGAN LKPD GEOMETRI BANGUN RUANG BERDASARKAN TEORI VAN HIELE PADA SISWA KELAS IV SDN 015 TARAKAN

Pengarang : Tiara Nur Afdilah Budi Putri - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract


LKPD merupakan bahan ajar cetak berisi serangkaian tugas untuk mendukung pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD Geometri Bangun Ruang Berdasarkan Teori Van Hiele Pada Siswa Kelas IV SDN 015 Tarakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan kemenarikan LKPD dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) model ADDIE yang meliputi tahap Analisis (Analysis), Desain (Design). Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 015 Tarakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memiliki validitas yang tinggi dengan skor persentase 84% dan dinyatakan layak digunakan. Hal ini dikatakan sangat layak karena kesesuaian materi berdasarkan CP dan tujuan pembelajaran sesuai dengan materi. Dan kedalaman materi disajikan sesuai tingkatan SD, kesesuaian penggunaan materi terhadap penggunaan LKPD. Berdasarkan pembelajaran Van Hiele tersebut sesuai dengan tahap berpikir siswa. Selain itu, kemenarikan LKPD dengan persentase sebesar 91% yang berarti LKPD tergolong sangat menarik bagi siswa. Hal ini dikatakan sangat menarik karena tampilan LKPD yang menarik, materi LKPD memuat aktivitas yang memberikan pemahaman kepada siswa hal ini sesuai dengan tahapan pembelajaran Van Hiele. Dengan demikian, LKPD yang dikembangkan berdasarkan teori Van Hiele dinilai layak dan menarik untuk digunakan dalam pembelajaran geometri bangun ruang.
Kata Kunci: Pengembangan LKPD, Geometri, Bangun Ruang, Van Hiele

Student Worksheets (LKPD) are printed teaching materials containing a series of tasks to support learning. This research aims to develop LKPD of geometric shapes based on Van Hiele Theory for the fourth-grade students of SDN 015 Tarakan and to determine the feasibility and attractiveness of LKPD in the learning process. This research used the Research and Development (R&D) method of the ADDIE model which includes the stages of Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The subjects of this study were the teacher and the fourth-grade students of SDN 015 Tarakan. The results showed that the developed LKPD had high validity with a percentage score of 84% and was declared feasible to use. It was considered very feasible because of the suitability of the material based on learning outcomes and learning objectives in accordance with the material. The depth of the material was suitable in its use and in line with the elementary level. Based on Van Hiele's learning, the LKPD was appropriate with the students' thinking stages. In addition, the percentage of attractiveness of LKPD reached 91%, indicating that LKPD was classified as very interesting for students. It was considered very interesting because the appearance of the LKPD was attractive, the LKPD material contained activities that provided understanding to students in line with the stages of Van Hiele's learning. Thus, the LKPD developed based on Van Hiele's theory was considered feasible and interesting to use in learning spatial geometry. Keywords: Development of Learner Worksheets, Geometry, Geometric Shape, Van Hiele

Detail Informasi