
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA INDIVIDU SISWA KELAS V-A DI SDN 004 TARAKAN
Pengarang : Fitri Handayani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam mata pelajaran IPS untuk meningkatkan kerjasama individu siswa kelas V-A di SDN 004 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian 26 siswa kelas V-A. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi terhadap aktivitas siswa dan guru, rubrik penilaian afektif dan penilaian psikomotorik serta dokumentasi. Jenis pembelajaran yang digunakan yaitu kooperatif tipe jigsaw. Hasil penelitian menunjukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam mata pelajaran IPS untuk meningkatkan kerjasama individu siswa kelas V-A di SDN 004 Tarakan mencapai indikator atau KKM yang telah ditentukan sebesar 70%. Keberhasilan terlihat dari aktivitas siswa siklus I memperoleh 63%, pada siklus II 93%. Observasi guru siklus I sebesar 58.7%, pada siklus II memperoleh 82.6%. Hasil rata-rata penilaian efektif siswa pada siklus I sebesar 45 dengan presentase klasikal 11.53% meningkat pada siklus II mencapai rata-rata penilaian 78 dengan presentase klasikal 84.61%. Penilaian psikomotorik yang dilakukan siklus I yaitu rata-rata nilai sebesar 66 dengan presentase klasikal 53.84% meningkat pada siklus II yaitu rata-rata nilai 81 dengan presentase klasikal 88.46%. Secara keseluruhan dengan penilaian efektif dan psikomotorik diperoleh nilai rata-rata keseluruhan pada siklus 1 yaitu 55.5 dengan presentase klasikal sebesar 11.53% dan pada siklus Il diperoleh nilai rata-rata keseluruhan yaitu 79.5 dengan presentase klasikal 80.76%. Hasil diperoleh melebihi indikator yang ditetapkan 70% sehingga dikatakan berhasil dan telah selesai.
Kata kunci : Kooperatif tipe jigsaw, mata Pelajaran IPS, Kerjasama individu siswa
This study aims to describe the implementation of the Jigsaw cooperative learning model in Social Studies (IPS) to improve individual student cooperation in Class V-A at SDN 004 Tarakan. The research employed a Classroom Action Research (CAR) design. The subjects consisted of 26 fifth-grade students. The study was conducted in two cycles, with each cycle comprising two meetings. Data were collected through interviews, observations, affective and psychomotor assessment rubrics, and documentation. The learning method used was the Jigsaw type of cooperative learning. The results showed that the implementation of the Jigsaw model effectively enhanced individual cooperation and met the predetermined Minimum Mastery Criteria (KKM) of 70%. Student activity increased from 63% in Cycle I to 93% in Cycle II. Teacher observations improved from 58.7% in Cycle I to 82.6% in Cycle II. The average student affective score increased from 45 in Cycle I (11.53% classical completeness) to 78 in Cycle II (84.61% classical completeness). Psychomotor assessments also showed improvement, with an average score of 66 in Cycle I (53.84%) rising to 81 in Cycle II (88.46%). Overall, the combined affective and psychomotor assessments showed an average score of 55.5 in Cycle I (11.53%) and 79.5 in Cycle II (80.76%). These results exceeded the set indicator of 70%, indicating that the implementation was successful and the research goals were achieved. Keywords : Jigsaw cooperative learning, Social Studies, individual student cooperation