
Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas IV A SDN 032 Tarakan
Pengarang : Nafa Febimanisya - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata Pelajaran Pendidikan Pancasila melalui penerapan model pembelajaran kooperatife tipe Team Games Tournament (TGT) pada siswa kelas IV A SDN 032 Tarakan. penelitian ini merupakan jenis penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 24 siswa kelas IV A. hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatife tipe Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, baik dari aspek kognitif maupun aspek afektif. Pada aspek kognitif, persentase sebesar 63% kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 100%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) mampu menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan sehingga mendorong siswa untuk lebih aktif dan termotivasi untuk mengikuti pembelajaran sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar. Dengan demikian, penelitian ini dinyatakan berhasl karena telah memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 75% dari jumlah siswa.
Kata kunci: Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila, Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT)
This study aims to improve student’s learning outcomes in the Pancasila education subject through the implementation of the team games tournament (TGT) cooperative learning model among grade IV A students at SDN 032 Tarakan. This research is a Classroom Action Research (CAR) conducted in two cycles. Each cycle consisted of three metings with four stages: planning, implementation, observation and reflection. The research subjects were 24 fourth-grade students. The result showed that using the TGT cooperative learning model effectively enhanced students’ learning outcomes in both cognitive and effective domains. Ini the cognitive domain, the percentage of students achieving mastery increased from 63% in cycle I to 100% cycle II. This improvement indicates that the TGT model fosters a more enjoyable and engaging leaning environment, which motivates students to participate actively in lessons and ultimately improves their academic performance. Therefore, this study is considered successful, as it met the predetermined success indicator of 75% student mastery. Keywords: Learning Outcomes, Pancasila Education, TGT Cooperative Learning Model