
PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL TRIMESTER III TENTANG TEKNIK MENYUSUI DI PUSKESMAS SEBENGKOK
Pengarang : Nurlindah Putri - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Permasalahan utama dalam pemberian ASI pada ibu primipara adalah rendahnya efikasi diri dan kurangnya pengetahuan tentang teknik menyusui yang tepat, yang dapat menyebabkan kegagalan dalam menyusui secara eksklusif. Banyak ibu mengalami kesulitan pada tahap awal menyusui karena tidak memiliki pengalaman sebelumnya. Penelitian ini untuk mengindentifikasi pengaruh penggunaan video terhadap tingkat pengetahuan ibu pada trimester III tentang teknik menyusui di Puskesmas Sebengkok. Penelitian ini menggunakan metode PreExperimental Dengan One Group Pretest-Posttest Design, metode sampling yang digunakan yaitu purposive sampling sebanyak 43 ibu hamil primipara. Intervensi yang dilakukan berupa pemberian media video teknik menyusui yang diberikan sebanyak 2 kali pemutaran video dengan jeda 15 menit. Instrument yang digunakan berupa kuesioner pengetahuan. Analisis data menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil menujukkan peningkatan signifikan setelah diberikan intervensi video tentang teknik menyusui yang benar dengan p-value = 0.000. Penelitian ini menyimpukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah diberikan edukasi menggunakan video dari kategori pengetahuan cukup menjadi kategori pengetahuan baik.
Kata Kunci : Teknik Menyusui, Pengetahuan, Video, dan Ibu Hamil
The main problems in breastfeeding in primiparous mothers are low self-efficacy and lack of knowledge about proper breastfeeding techniques, which can lead to failure in exclusive breastfeeding. Many mothers experience difficulties in the early stages of breastfeeding due to lack of previous experience. This study aims to identify the effect of video use on the level of knowledge of mothers in the third trimester about breastfeeding techniques at the Sebengkok Health Center. This study utilized the pre-experimental method with a one-group pretest-posttest design. The sampling method used was purposive sampling of 43 primiparous pregnant women. The intervention was in the form of providing video media on breastfeeding techniques for 2 times of video playback with a 15-minute break. The instrument used was a knowledge questionnaire. The data analysis applied was the Wilcoxon Signed Ranks Test. The results revealed a significant increase after video intervention on correct breastfeeding technique with a p-value = 0.000. This study concluded that there was a significant effect after providing education using video from the category of sufficient knowledge to the category of good knowledge. Keywords: Breastfeeding Techniques, Knowledge, Video, and Pregnant Women