
STUDI KONDISI PERMUKAAN JALAN MENGGUNAKAN METODE IRI, RCI, DAN PSI (Studi Kasus: Jalan P. Aji Iskandar, Kota Tarakan)
Pengarang : Johan Putra Bagaskara - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Ketidakrataan permukaan jalan merupakan salah satu indikator penting dalam menilai kualitas dan kenyamanan infrastruktur transportasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi permukaan Jalan P. Aji Iskandar di Kelurahan Juata Laut, Kota Tarakan, dengan menggunakan tiga metode yaitu International Roughness Index (IRI), Road Condition Index (RCI), dan Present Serviceability Index (PSI). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan aplikasi Roadroid untuk memperoleh nilai IRI, yang kemudian dikonversi menjadi nilai RCI dan dihitung nilai PSI berdasarkan parameter ketidakarataan jalan. Pengambilan data dilakukan pada segmen jalan sepanjang 3.500 meter, dibagi menjadi 10 segmen pengamatan (STA). Hasil pengukuran menunjukkan bahwa nilai IRI berkisar antara 5 m/km hingga 6 m/km, dengan nilai rata-rata 5 m/km yang termasuk kategori sedang. Nilai RCI yang dikonversi dari IRI menghasilkan rentang nilai rata-rata 7 yang menunjukkan kondisi jalan dengan kategori baik namun mulai menurunkan kenyamanan berkendara. Sementara itu, nilai PSI rata-rata sebesar 1 mengindikasikan tingkat pelayanan berada dalam kategori kurang, mendekati buruk. Penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi permukaan jalan di sebagian besar ruas sudah memerlukan pemeliharaan berkala hingga peningkatan struktural. Korelasi antara ketiga metode memberikan dasar sebagai rekomendasi tindakan pemeliharaan berkala dan peningkatan struktural pada beberapa segmen kritis untuk mengembalikan kualitas pelayanan jalan dan mendukung aktivitas distribusi barang secara lebih aman dan efisien.
Kata Kunci: Ketidakrataan, IRI, RCI, PSI, Roadroid.
Road surface unevenness is one of the vital indicators in assessing the quality and comfort of transportation infrastructure. This study was intended to analyze the surface condition of Jalan P. Aji Iskandar in Juata Laut Subdistrict, Tarakan City, using three methods, including the International Roughness Index (IRI), Road Condition Index (RCI), and Present Serviceability Index (PSI). Data was collected using the Roadroid application to obtain IRI values, which were then converted to RCI values, and PSI values were calculated based on road unevenness parameters. Data collection was carried out on a 3,500-meter-long road segment, divided into 10 observation segments (STA). The measurement results indicated that the IRI values ranged from 5 m/km to 6 m/km, with an average value of 5 m/km, which is categorized as moderate. RCI values converted from IRI resulted in an average value range of 7, indicating good road conditions, but starting to reduce driving comfort. Meanwhile, the average PSI value of 1 indicated that the level of service was in the poor category, approaching poor. This study showed that the condition of the road surface in most sections already requires periodic maintenance to structural upgrades. The correlation between the three methods provides a basis for recommending periodic maintenance and structural improvement measures on some critical segments to restore road service quality and support goods distribution activities more safely and efficiently. Keywords: Unevenness, IRI, RCI, PSI, Roadroid.