PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN TINGKAT KECEMASAN PADA REMAJA AWAL DALAM MENGHADAPI MENARCHE DI SDIT ULUL ALBAB KOTA TARAKAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN TINGKAT KECEMASAN
PADA REMAJA AWAL DALAM MENGHADAPI MENARCHE DI SDIT ULUL ALBAB  KOTA TARAKAN

PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN TINGKAT KECEMASAN PADA REMAJA AWAL DALAM MENGHADAPI MENARCHE DI SDIT ULUL ALBAB KOTA TARAKAN

Pengarang : Nur Diana - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Menarche sebagai menstruasi pertama menandai awal pubertas pada remaja putri dan sering menimbulkan kecemasan akibat kurangnya pengetahuan tentang perubahan pada dirinya, dengan pendidikan kesehatan yang tepat dapat membantu remaja putri memahami proses ini sehingga kecemasan dapat berkurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan tingkat kecemasan remaja awal dalam menghadapi menarche. Metode yang digunakan quasi eksperimen dengan pendekatan one group pretest-posttest design. Dilakukan pada bulan Mei 2025 di SDIT Ulul Albab Kota Tarakan melibatkan 54 responden siswi dengan teknik proportional sampling. Instrumen yang digunakan kuesioner pengetahuan dan kecemasan HARS. Analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil, terdapat pengaruh antara pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan tingkat kecemasan (p < 0.001). Kesimpulan, pendidikan kesehatan merupakan langkah awal yang penting bagi siswi yang belum mengalami menstruasi untuk menambah pengetahuan mereka. Kecemasan yang biasanya muncul saat memasuki masa menstruasi dapat berkurang secara signifikan


Kata Kunci: Menarche; Remaja; Kecemasan; Pengetahuan

Menarche, as the first menstruation, marks the beginning of puberty in adolescent girls and often causes anxiety due to lack of knowledge about changes in her. Appropriate health education can help adolescent girls understand this process and thus reduce anxiety. This study aimed to determine the effect of health education on knowledge and anxiety levels of adolescents facing menarche. The method used was a quasi-experiment with a one-group pretest-posttest design approach. The research was conducted in May 2025 at SDIT Ulul Albab Tarakan City, involving 54 female respondents with proportional sampling technique. The instruments used were HARS knowledge and anxiety questionnaires. The data analysis used was the Wilcoxon test. The results showed the effect of health education on knowledge and anxiety levels (p < 0.001). It can be concluded that health education is an important first step for female students who have not experienced menstruation to increase knowledge so that the anxiety that occurs when entering menstruation can be significantly reduced. Keywords: Menarche; Adolescent; Anxiety; Knowledge

Detail Informasi