
The Effectiveness Of Survey, Question, Read, Recite, And Review (SQ3R) Strategy In Improving The Students’ Reading Comprehension Of Descriptive Text At Eleventh Grade Of SMAN 3 Tarakan
Pengarang : Siti Juniaty Adhira - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Membaca merupakan salah satu keterampilan dasar dalam Bahasa Inggris yang penting untuk dikuasai oleh siswa. Oleh karena itu, strategi pembelajaran yang tepat seperti Survey, Question, Read, Recite, and Review (SQ3R) diperlukan untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan dari penerapan strategi SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman teks deskriptif siswa kelas XI. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-eksperimental dengan desain one group pre-test and post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 3 Tarakan, dengan sampel sebanyak 36 siswa dari kelas XI C yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pilihan ganda berupa pre-test dan post-test. Selain itu, data dianalisis menggunakan program SPSS versi 23.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre-test adalah 52.36 dan rata-rata nilai post-test adalah 74.58, dengan peningkatan sebesar 22.22 poin. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.000 yang lebih kecil dari 0.05, yang berarti hipotesis nol (H₀) ditolak dan hipotesis alternatif (Hₐ) diterima. Dapat disimpulkan bahwa strategi SQ3R terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks deskriptif siswa kelas XI di SMAN 3 Tarakan.
Kata kunci: SQ3R, Pemahaman Membaca, Teks Deskriptif, Strategi Pembelajaran.
Reading is one of the basic skills in English that is important for students to be mastered. Therefore, appropriate learning strategies such as Survey, Question, Read, Recite, and Review (SQ3R) are needed to improve the students’ reading comprehension. The purpose of this study was to determine the significant effect of the implementation of SQ3R strategy on reading comprehension ability of descriptive texts of grade XI students. The research method used a pre-experimental method with a one-group pre-test and post-test design. The population in this study was all grade XI students of SMAN 3 Tarakan, with a sample of 36 students from grade XI C selected using a purposive sampling technique. The research instruments used a multiple-choice test in the form of a pre-test and a post-test. In addition, the data were analyzed using the SPSS version 23.0 program. The results of the data analysis showed that the mean pre-test score was 52.36 and the mean post-test score was 74.58, with an increase of 22.22 points. The result of the paired sample t-test showed a significant value of 0.000 which was less than 0.05, which means that the null hypothesis (H₀) was rejected and the alternative hypothesis (Hₐ) was accepted. It can be concluded that the SQ3R strategy has proven effective in improving the reading comprehension ability of descriptive texts of grade XI students at SMAN 3 Tarakan. Keywords: SQ3R, Reading Comprehension, Descriptive Text, Learning Strategy