DESKRIPSI IMPLEMENTASI DIMENSI BERIMAN, BERTAKWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA DAN BERAKHLAK MULIA PADA KEGIATAN KOKURIKULER DI KELAS IV B SDN 024 TARAKAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of DESKRIPSI IMPLEMENTASI DIMENSI BERIMAN, BERTAKWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA DAN BERAKHLAK MULIA PADA KEGIATAN KOKURIKULER DI KELAS IV B SDN 024 TARAKAN

DESKRIPSI IMPLEMENTASI DIMENSI BERIMAN, BERTAKWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA DAN BERAKHLAK MULIA PADA KEGIATAN KOKURIKULER DI KELAS IV B SDN 024 TARAKAN

Pengarang : Mega Agustina - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses implementasi dan perkembangan siswa dalam menerapkan dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kegiatan kokurikuler melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di kelas IV B SDN 024 Tarakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah, koordinator P5, guru kelas, dan siswa kelas IV B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses implementasi dimensi tersebut dilakukan melalui perencanaan yang matang, pelaksanaan yang melibatkan kegiatan menanam dan memilah sampah, serta evaluasi berkelanjutan. Kegiatan P5 dengan tema “Lihat Kebunku!! & Pemilahan Sampah” berhasil membentuk karakter siswa yang peduli lingkungan, bertanggung jawab, serta menunjukkan sikap religius dan berakhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari. Sekolah secara konsisten menjadikan dimensi ini sebagai prioritas utama sesuai dengan visi dan misi sekolah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan kokurikuler berbasis P5 efektif dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius dan akhlak mulia kepada siswa sekolah dasar.

Kata Kunci: Kegiatan Kokurikuler, Profil Pelajar Pancasila, Projek

This study aims to describe the implementation process and student development in applying the dimensions of faith, fear of God Almighty, and noble character in co-curricular activities through the Pancasila Student Profile Strengthening Project (PS) in class IV B SDN 024 Tarakan. This research employed a qualitative approach with a descriptive method. Data collection techniques were carried out through interviews, observations, and documentation, with the research subjects being the principal, PS coordinator, class teacher, and students of class IV B. The results indicated that the process of implementing this dimension was carried out through proper planning, implementation involving planting and sorting waste, and continuous evaluation. P5 activities with the theme "Look at My Garden! & Waste Sorting" succeeded in shaping the character of students who care about the environment, are responsible, and show religious and noble attitudes in everyday life. The school consistently made this dimension a top priority, following the school's vision and mission. It can be concluded that P5-based co-curricular activities were effective in instilling religious and noble character values in elementary school students. Keywords: Co-curricular Activities, Pancasila Learner Profile, Project

Detail Informasi