Pengembangan Buku Cerita Fase B Dengan Mengintegrasikan Dimensi Gotong Royong Profil Pelajar Pancasila Untuk Kemampuan Membaca Pemahaman Di SD Negeri 043 Juata Kerikil. | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Buku Cerita Fase B Dengan Mengintegrasikan Dimensi Gotong Royong Profil Pelajar Pancasila Untuk Kemampuan Membaca Pemahaman Di SD Negeri 043 Juata Kerikil.

Pengembangan Buku Cerita Fase B Dengan Mengintegrasikan Dimensi Gotong Royong Profil Pelajar Pancasila Untuk Kemampuan Membaca Pemahaman Di SD Negeri 043 Juata Kerikil.

Pengarang : Junita Fifin - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Buku Cerita Fase B dan untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman siswa dimensi gotong royong profil pelajar pancasila. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Pada proses pengembangan dilakukan dengan model ADDIE, yang mencakup lima tahap, yaitu; Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Hasil dari validasi yang diperoleh dari ahli desain sebesar 100% kategori sangat layak, ahli materi 88% kategori sangat layak, ahli bahasa 82% kategori sangat layak. Berdasarkan hasil dari uji coba terbatas yang dilakukan pada 9 siswa kelas IV C, kemampuan membaca pemahaman siswa mencapai 70% dengan kriteria pemahaman baik, sedangkan pada uji coba lapangan yang melibatkan 23 siswa kelas IV C, kemampuan membaca pemahaman siswa mencapai 83% dengan kriteria pemahaman sangat baik. Dari Hasil validasi oleh para ahli serta hasil uji coba terbatas dan uji coba lapangan, buku cerita yang di kembangkan dinyatakan layak untuk mengukur kemampuan membaca pemahaman siswa, sehingga perlu untuk terus dikembangkan lebih lanjut.

Kata Kunci: Buku cerita, Dimensi Gotong Royong, Model ADDIE, Asesmen kompetensi Minimun (AKM)

This study aimed to determine the feasibility of Phase B Storybooks and todetermine the reading comprehension ability of students in the mutual cooperationdimension of the Pancasila student profile. This type of research used the researchand development method. The development process was carried out using theADDIE model, including five stages, namely; Analysis, Design,Development,Implementation, and Evaluation. The results of the validation obtained from designexperts were 100% very feasible category, material experts 88% very feasiblecategory,linguists 82% very feasible category. Based on the results of the limitedtrial conducted on 9 students of class IV C, students' reading comprehension abilityreached 70% with good comprehension criteria, while in the field trial involving 23students of class IV C, students' reading comprehension ability reached 83% withvery good comprehension criteria. From the results of validation by experts as wellas the results of limited trials and field trials, the storybook being developed isconsidered feasible to measure students' reading comprehension skills, so it needsto be further improved. Keywords: Storybook, Mutual cooperation dimension, ADDIE model, Assessmentof minimum competence (AKM)

Detail Informasi