
DESKRIPSI KETERAMPILAN MEMBACA PUISI PADA SISWA KELAS IV-B DI SDN 006 TARAKAN
Pengarang : Desy Noviyanti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan
membaca puisi pada siswa kelas IV-B di SDN 006 Tarakan. Jenis penelitian ini
mengadopsi pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif.
Penelitian diawali dengan memilih sampel berdasarkan populasi yang ada, subjek
penelitian berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Setelah itu peneliti mengolah data
hasil membaca puisi dengan cara mereduksi data hasil penelitian berupa hasil tes
keterampilan membaca puisi, setelah di reduksi ditemukan sebanyak 7 subjek
yang sesuai dengan standar penilaian keterampilan membaca puisi. Berdasarkan
hasil penelitian diperoleh hasil dari tujuh subjek penelitian yang diteliti secara
mendalam, empat siswa (AAS, IAI, RAV, dan AS) memperoleh penilaian "Baik"
dalam pelafalan, ditandai dengan vokal yang jelas dan pengucapan kata yang
lancar ketika membaca puisi. terdapat tiga siswa (AZR, ANH, dan AAG) yang
menunjukkan level pelafalan "Kurang", dengan kesulitan utama pada pengucapan
kata-kata yang dianggap sulit dan kecenderungan membaca terputus-putus. Dua
siswa (AZR dan AS) menunjukkan kemampuan intonasi yang "Baik", sementara
itu, empat siswa (AAS, IAI, ANH, dan RAV) berada pada kategori "Cukup",
sedangkan satu siswa (AAG) masih "Kurang" dalam penguasaan intonasi. Aspek
ekspresi merupakan komponen keterampilan membaca puisi yang paling lemah
dikuasai oleh siswa. menunjukkan bahwa tidak ada satu pun siswa yang mendapat
kategori "Baik" dalam aspek ekspresi, dengan tiga siswa (ANH, IAI, dan AS)
berada pada kategori "Cukup" dan empat siswa lainnya (AAS, AZR, AAG, dan
RAV) masih "Kurang" dalam mengekspresikan puisi melalui mimik wajah dan
gerakan tubuh.
Kata Kunci : Puisi, Pelafalan, Intonasi, Ekspresi
The purpose of this research is to describe the poetry reading skills of fourth grade students B at SDN 006 Tarakan This type of study adopts a qualitative approach with a descriptive qualitative research type The study began by selecting samples based on the existing population, with a total of 15 students as research subjects. Data collection techniques in this study used tests, observations, and interviews. After that, the researcher processed the data from reading poetry by reducing the data results from the poetry reading skill tests, after reduction, it was found 7 subjects met the assessment standards for poetry reading skills. Based on the research findings from seven subjects who were studied in depth, four students (AAS, IAI, RAV, and AS) received a 'Good assessment in pronunciation, marked by clear vowels and smooth word pronunciation when reading poetry. There were three students (AZR, ANH, and AAG) who showed a 'Poor' level of pronunciation, primarily struggling with the pronunciation of difficult words and a tendency to read in a choppy manner. Two students (AZR and AS) demonstrated 'Good' intonation abilities, while four students (AAS, IAI, ANH, and RAV) fell into the 'Sufficient category, and one student (AAG) was still 'Poor' in mastering the intonation. The aspect of expression was the weakest component of the poetry reading skills possessed by the students, indicating that none of the students achieved a 'Good' category in the aspect of expression, with three students (ANH, IAI, and AS) categorized as 'Sufficient', and four other students (AAS, AZR, AAG, and RAV) are still "Poor" in expressing poetry through facial expressions and body movements. Keywords: Poetry, Pronunciation, Intonation, Expression.