
Analisis Kelayakan dan Strategi Pengembangan Bisnis Kedai Kopi Atmosfer Di Kota Tarakan
Pengarang : Desy Ariyanti Putri - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis dan strategi yang digunakan dalam pengembangan bisnis Kedai Kopi Atmosfer di kota Tarakan. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Kedai Kopi Atmosfer. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian, analisis kelayakan bisnis Kedai Kopi Atmosfer di kota Tarakan dapat disimpulkan bahwa BCR (Benefit Cost Of Ratio) sebesar 1,20, FRR (Financial Rate Of Return) sebesar 16,66%, PBP (Payback Period) sebesar 6. Berdasarkan kriteria kelayakan yang telah ditentukan dapat dikatakan bahwa bisnis Kedai Kopi Atmosfer di kota Tarakan layak untuk di operasionalkan. Sedangkan tahapan analisis yang dilakukan yaitu dengan melihat kondisi internal dan eksternal perusahaan dengan cara analisis situasi dengan kata lain yaitu analisis SWOT, dengan melalui tahapan IFAS (Internal Factor Analysis Summary), EFAS (Eksternal Factor Analysis Summary), diagram SWOT dan matriks SWOT. Hasil analisis data menunjukkan bahwa strategi yang digunakan yaitu strategi agresif atau strategi SO (Strength-Opportunity).
The objective of this research is to determine the analysis and strategies used in the development of the Atmosfer Coffee Shop business in Tarakan. The research design was used in this research is descriptive using qualitative and quantitative approaches. The population in this study is the Atmosfer Coffee Shop. The research instrument used in this research is questionnaire. Based on the results of the study, the feasibility analysis of the Atmosfer Coffee Shop business in Tarakan can be concluded that BCR (Benefit Cost of Ratio) is 1.20, FRR (Financial Rate of Return) is 16.66%, PBP (Payback Period) is 6. Based on the eligibility criteria that have been determined can be said that the Atmosfer Coffee Shop business in Tarakan is feasible to be operated. While the analysis phase is carried out by looking at the company's internal and external conditions by means of situation analysis in other words, namely SWOT analysis, through the stages of IFAS (Internal Factor Analysis Summary), EFAS (External Factor Analysis Summary), SWOT diagrams and SWOT matrices. The results of data analysis indicate that the strategy used is the Aggressive strategy or the SO (Strength-Opportunity) strategy.