
EFEKTIVITAS VIDEO EDUKASI KESEHATAN REPRODUKSI TERHADAP KESIAPAN REMAJA PUTRI DALAM MENGHADAPI MENARCHE DI SEKOLAH DASAR
Pengarang : Anisa - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Menarche merupakan fase penting dalam perkembangan remaja putri yang sering kali menimbulkan kebingungan, tidak percaya diri dan kekhawatiran jika tidak disertai dengan kesiapan yang memadai. Edukasi sejak awal diperlukan untuk meningkatkan pemahaman dan kesiapan remaja putri dalam menghadapi menarche. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media video edukasi terhadap kesiapan remaja putri sekolah dasar dalam menghadapi menarche. Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen dengan pendekatan pretest-posttest control group. Penelitian ini menggunakan total sampling yang berjumlah 30 responden. Sampel terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok intervensi yang diberikan media video edukasi dan kelompok kontrol yang diberikan e-book. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner kesiapan menarche dengan total 30 butir pertanyaan. Data dianalisis menggunakan uji Paired T-Test untuk mengetahui perbedaan rata-rata kesiapan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol setelah diberikan perlakuan. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Pada kelompok kontrol p value 0,026 < 0,005 dan kelompok intervensi p value 0,001 < 0,005 yang berarti media video edukasi efektif terhadap kesiapan remaja putri menghadapi menarche. Dengan demikian, media video dapat menjadi metode edukasi yang interaktif dan efektif dalam edukasi kesehatan reproduksi di kalangan remaja.
Kata Kunci : Video edukasi, Kesiapan, Menarche
Menarche is a key phase in the development of adolescent girls that often causes confusion, insecurity and anxiety if not accompanied by adequate preparation. Early education is required to improve the understanding and readiness of adolescent girls in facing menarche. This study used a quasi-experimental design with a pretest-posttest control group approach. This study employed a total sampling of 30 respondents. The sampel consisted of two groups, namely the intervention group that was given educational video media and the control group that was given an e-book. The instrument used was a menarche readiness questionnaire with a total of 30 questions. The data were analysed using the paired T-Test test to determine the average difference in readiness between the two group. The control grop had a p-value of 0.026 < 0.005 and the intervention group had a p-value of 0.001 < 0.005, indicating that the educational video media was effective on the readiness of adolescent girls to face menarche. Thus, video media can be an interactive and effective educational method in reproductive health education among adolescent. Keywords: Educational video, Readiness, Menarche