
PENGARUH TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP PERILAKU BULLYING DI SMP NEGERI TERPADU UNGGULAN 2 TANA TIDUNG
Pengarang : Muhammad Aldi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tujuan bimbingan kelompok dengan teknik
sosiodrama dalam mengurangi perilaku bullying siswa. Perilaku bullying
merupakan segala bentuk penindasan dan kekerasan yang dilakukan seseorang atau
kelompok terhadap orang lain dengan tujuan menyakiti dan dilakukan secara terus
menerus kepada seseorang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif
melalui metode eksperimen dengan desain pretest-postest one group design serta
pengumpulan data melalui skala.Teknik Pengumpulan Data dalam penelitian ini
menggunakan skala Likert tentang perilaku bullying analisis data dengan statistik
deskriptif dan inferensial menggunakan uji Paired Samples Test dengan nilai Sig
(2-tailed) yaitu 0,001 < 0,05 Sehingga dapat ditarik kesimpulan H1 diterima dan H0
ditolak yang berarti ada perbedaan signifikan antara rata-rata sebelum dan sesudah
sosiodrama. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh teknik
sosiodrama terhadap perilaku bullying di SMP Negeri Terpadu Unggulan 2 Tana
Tidung. Adapun jumlah sampel dalam penelitian yaitu berjumlah sebanyak 8
sampel dari 73 populasi yteang terdiri dari kelas 8 A,8 B,8 C peneliti mengambil
sampel di kelas 8C dan melakukan uji angket di kelas 8 A dan 8 B.
This study aimed to evaluate the effectiveness of group counseling using the sociodrama technique in reducing bullying behavior among students Bullying is defined as repeated aggressive behavior, either physical or verbal, intended to hurt others. A quantitative research method was used, employing an experimental design with a one-group pretest-posttest model. Data were collected using a Likert-scale questionnaire assessing bullying behavior and analyzed through descriptive and inferential statistics using the Paired Samples T-Test. The significance value (Sig 2- tailed) was 0.001, indicating a significant difference between the pretest and posttest scores. Thus, the hypothesis (HI) was accepted, and the null hypothesis (H0) was rejected. The study concluded that the sociodrama technique had a significant effect on reducing bullying behavior. The sample consisted of 8 students selected from a population of 73 across classes 8A, 8B, and 8C, with the intervention applied to class 8C and questionnaire testing conducted in classes 8A and 8B