Perbedaan Jam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sd | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Perbedaan Jam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sd

Perbedaan Jam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sd

Pengarang : Ina Nurfadillah Ersa - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan jam pembelajaran terhadap V SDN hasil belajar siswa mata pelajaran Matematika kelas V SDN 006 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain ex post facto. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei semester genap tahun ajaran 2025/2026. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB dan VC SDN 006 Tarakan yang berjumlah 56 siswa, masing-masing 28 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes berbentuk pilihan ganda dan essay. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa berdasarkan jam pelaksanaan pembelajaran. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah jam pembelajaran (jam pertama dan jam terakhir), sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan bahwa nilai thitung (7,615) > tabel (2,005). Dengan demikian, hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (H) diterima. Artinya, terdapat perbedaan hasil belajar matematika yang signifikan antara siswa yang belajar pada jam pelajaran pertama dan siswa yang belajar pada jam pelajaran terakhir di kelas V SDN 006 Tarakan.

Kata kunci: Jam Pelajaran, Hasil Belajar Siswa, Matematika

This study aimed to determine the difference in learning hours on the learning outcomes of students in Mathematics for fifth grade at SDN 006 Tarakan. The type of research used is a quantitative approach with an ex post facto design. This research was conducted in May of the second semester of the 2025/2026 academic year. The population in this study consists of fifth-grade students of VB and VC at SDN 006 Tarakan, totaling 56 students with 28 in each class. The sampling technique used cluster random sampling. Data collection was conducted through multiple choice tests and essays. The data obtained were analysed using SPSS software. The research results showed that there was a significant difference in student learning outcomes based on the time of learning implementation. The independent variable in this study was the time of learning (the first period and the last period), while the dependent variable was student learning outcomes. The results of the independent sample t-test showed that the t-value (7.615) > t-table (2.005). Therefore, the null hypothesis (Ho) is rejected and the alternative hypothesis (Hi) is accepted. It means that there is a significant difference in mathematics learning outcomes between students who learn during the first lesson period and students who learn during the last lesson period in class V of SDN 006 Tarakan. Keywords: Lesson Time, Student Learning Outcomes, Mathematics

Detail Informasi