
Studi Deskriptif Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Kota Tarakan
Pengarang : Devi Ayu Safitri - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan minat belajar pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Kota Tarakan. Minat belajar adalah energi kekuatan yang mendorong seseorang untuk mencapai tujuan belajar. Minat belajar tidak hanya bergantung pada kemampuan, namun juga bergantung pada apakah seseorang memilih tujuan penguasaan (tujuan mempelajari), yang fokusnya adalah mempelajari suatu kemampuan baru dengan baik; atau tujuan kinerja, yang fokusnya adalah mendemonstrasikan atau memperlihatkan kemampuan kita pada orang lain. Minat belajar siswa juga sangat erat hubungannya dengan kepribadian, motivasi, ekspresi dan konsep diri atau identifikasi, factor keturunan dan pengaruh eksternal atau lingkungan. Metode penelitian digunakan adalah kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Adapun subjek penelitian sebanyak 2 orang siswa, dan 1 guru BK. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa minat belajar pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Kota Tarakan memiliki beberapa factor, yaitu emosi dan perasaan. Selain itu terdapat perhatian siswa yang mengalami perubahan dalam minat belajar siswa, yaitu siswa yang memiliki perhatian terhadap materi yang di pelajarinya, jika materi pelajaran itu tidak menjadi perhatian siswa maka akan menimbulkan kebosanan. Antusias siswa dapat di tingkatkan dengan menciptakan lingkungan belajar yang positif dan lingkungan yang menyenangkan.
Kata Kunci: Minat, Belajar, Siswa Mengetahui
purpose of this study is to describe learning interests in clas VIII SMP Muhammadiyah 2 Kota Tarakan students. Interest in learning is an energy force that encourages a person to achieve learning goals. Intersest in learning depends on ability and whether a person chooses mastery goals( learning goals), whose focus is to learn a new ability well. Student learning interest is also closely related to personality, motivation, expression, self-concept, identification, heredity, and external or enviromental influences. The research method used is qualitative, with a descriptive approach. The research subjects were two students and one counseling teacher. Based on the study’s results, it was stated that interest in learning in class VIII students of SMP Muhammadiyah 2 Kota Tarakan was influenced by several factors, namely emoticons and feelings. In addition, there are changes in the way students learn, namely, students who pay attention to the material and increase students enthusiasm, which has an impact on creating a postive and pleasant learning environment. Keyword : Interest, Learning, Students