Makna Dan Simbol Tari Umbak Gesinggau Pada Sanggar Budaya Tidung Taka (Kajian Semiotik Charles Sanders Peirce) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Makna Dan Simbol Tari Umbak Gesinggau Pada Sanggar Budaya Tidung Taka (Kajian Semiotik Charles Sanders Peirce)

Makna Dan Simbol Tari Umbak Gesinggau Pada Sanggar Budaya Tidung Taka (Kajian Semiotik Charles Sanders Peirce)

Pengarang : Sefi Eva Lestari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna dan simbol tari Umbak Gesinggau pada Sanggar Budaya Tidung Taka (kajian semiotika) dari Charles Sanders Peirce. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan kajian semiotika dari Charles Sanders Peirce yaitu teori tanda (representament), objek (object) dan interprestasi (interpretant). Data dalam penelitian ini berupa makna dan simbol dari benda dan gerakan tari Umbak Gesinggau. Sumber data dari penelitian tari Umbak Gesinggau ini di Desa Salimbatu Kabupaten Bulungan dan tokoh dari suku Tidung. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan maka terdapat 25 simbol yang ada dalam tari Umbak Gesinggau. Dari setiap data memiliki makna dan simbol masing-masing dengan tujuan yang berbeda berdasrkan fungsinya.

Kata Kunci: Tari Umbak Gesinggau, Suku Tidung, Semiotika.

The objective of the research was to describe the meaning and symbols of the Umbak Gesinggau dance at Tidung Taka Cultural Studio (semiotic study) from Charles Sanders Peirce. This research method used a qualitative descriptive approach, drawing upon semiotic studies by Charles Sanders Peirce, particularly his theory of signs, object, and interpretation. The data of the research were in the form of meanings and symbols of the objects and movements of the Umbak Gesinggau dance. The data source of the research was the Umbak Gesinggau dance in Salimbatu Village, Bulungan Regency and the figures of the Tidung tribe. The data collection techniques used in this research were observations, interviews, and documentation. The research instruments used were a combination of primary and secondary data. The data analysis used were data reduction, data display, and conclusion: drawing or verification. The results of the research show that there are 25 symbols in Umbak Gesinggau dance. Each data has its own meaning and symbol with different purposes based on its function. Keywords: Umbak Gesinggau Dance, Tidung Tribe, Semiotics

Detail Informasi