
Identifiksi Keterampilan Metakognisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Tarakan Ditinjau Dari Hasil Belajar Menyelesaikan Masalah Soal Cerita SPLDV
Pengarang : Anytalia Limban Paranna - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan metakognisi siswa dalam menyelesaikan soal cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Partisipan penelitian terdiri dari empat siswa sekolah menengah pertama yang dipilih berdasarkan kinerja akademik yaitu dua siswa hasil belajar tinggi dan dua siswa hasil belajar rendah. Metode menggunakan pendekatan fenomenologi, dengan teknik pengumpulan data berupa analisis dokumen lembar jawaban siswa dan wawancara semi-terstruktur. Analisis data dilakukan melalui proses pengkodean sehingga diperoleh tema untuk mengidentifikasi indikator keterampilan metakognisi, yaitu perencanaan, pemantauan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa hasil belajar tinggi cenderung memiliki strategi yang lebih terstruktur, mampu memahami informasi dalam soal dengan baik, serta dapat memantau dan mengevaluasi proses penyelesaian secara sistematis. Sebaliknya, siswa hasil belajar rendah menunjukkan kesulitan dalam memahami soal, merencanakan penyelesaian, dan mengevaluasi hasil kerjanya. Penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan keterampilan metakognisi dalam pembelajaran matematika, khususnya dalam menyelesaian masalah kontekstual seperti soal cerita SPLDV. Berdasarkan temuan ini, perencanaan merupakan indikator metakognisi yang paling dominan, indikator pemantauan muncul dengan intensitas sedang, dan indikator evaluasi menjadi indikator yang paling lemah dalam proses penyelesaian soal SPLDV, khususnya pada siswa dengan hasil belajar rendah. Temuan ini menegaskan pentingnya pendidikan matematika yang tidak hanya berorientasi pada jawaban akhir, tetapi juga menekankan proses berpikir siswa. Hal ini dapat diwujudkan melalui pembelajaran berbasis pemecahan masalah, pelatihan refleksi, serta pengembangan bahan ajar yang mendorong siswa untuk aktif memantau dan mengevaluasi pemikirannya sendiri.
Kata Kunci: Keterampilan Metakognisi, Hasil Belajar, Penyelesaian Masalah, SPLDV.
The purpose of this study was to describe students' metacognitive skills in solving Two-Variable Linear Equation System (TVLES) story problems. The research participants consisted of four junior high school students selected based on academic performance; two students with high learning outcomes and two students with low learning outcomes. The method employed a phenomenological approach, with data collection techniques in the form of document analysis of student answer sheets and semi-structured interviews. Data analysis was carried out through a coding process to obtain themes to identify indicators of metacognitive skills through planning, monitoring, and evaluation. The results showed that students with high learning outcomes tended to have more structured strategies, were able to understand information in the questions well, and were able to monitor and evaluate the completion process systematically. In contrast, students with low learning outcomes showed difficulty in understanding questions, planning solutions, and evaluating their work results. This study emphasized the importance of developing metacognitive skills in mathematics learning, especially in solving contextual problems such as TVLES story problems. Based on these findings, planning was the most dominant indicator of metacognition, the monitoring indicator appeared with moderate intensity, and the evaluation indicator was the weakest indicator in the TVLES problem solving process, especially in students with low learning outcomes. This finding emphasized the importance of mathematics education that was not only oriented to the final answer, but also emphasized the students' thinking process. This could be realized through problem-solving-based learning, reflection training, and the development of teaching materials that encouraging students to actively monitor and evaluating their own thinking. Keywords: Metacognitive Skills, Learning Outcomes, Problem Solving, SPLDV