
AN ANALYSIS OF CODE-SWITCHING AND CODE-MIXING USED IN EFL LEARNING ON ENGLISH FOR SPECIFIC PURPOSE COURSE
Pengarang : Maksimus Khariaman - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
AN ANALYSIS OF CODE-SWITCHING AND CODE-MIXING USED IN EFL LEARNING ON ENGLISH FOR SPECIFIC PURPOSE COURSE
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk-bentuk serta faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan alih kode (code-switching) dan campur kode (code-mixing) dalam pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL) pada mata kuliah English for Specific Purposes (ESP). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan data yang diperoleh melalui observasi dan wawancara terhadap mahasiswa semester empat di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Borneo Tarakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga jenis alih kode yang sering digunakan, yaitu inter-sentential switching, intra-sentential switching, dan tag-switching. Selain itu, ditemukan pula tiga jenis campur kode, yaitu insertion, alternation, dan congruent lexicalization. Faktor-faktor utama yang mendorong mahasiswa menggunakan alih kode dan campur kode meliputi keterbatasan kosakata dalam bahasa Inggris, keinginan untuk memperjelas pesan, membangun keakraban dengan audiens, serta menyesuaikan dengan konteks topik tertentu. Temuan ini menunjukkan bahwa code-switching dan code-mixing merupakan strategi linguistik yang fungsional dan adaptif dalam proses pembelajaran ESP, bukan sebagai bentuk kelemahan berbahasa, melainkan sebagai alat komunikasi yang mendukung pemahaman materi secara efektif.
Kata kunci: code-switching dan code-mixing, English for Specific Purpose course, EFL
AN ANALYSIS OF CODE SWITCHING AND CODE MIXING USED IN EFL LEARNING ON ENGLISH FOR SPECIFIC PURPOSES COURSE Abstract This study aimed to analyze the forms and factors influencing code-switching and code-mixing in leartung English as a foreign language (EFL) in the English for Specific Purposes (ESP) course This study uses a descriptive qualitative approach with data obtained through observation and interviews with fourth-semester students in the English Education Department at Borneo Tarakan University The study results showed that three types of code-switching are often used inter sentential switching, intra-sentential switching, and tag-switching in addition, three types of code-mixing were identified insertion, alternation, and congruent lexicalization. The main factors that encourage students to use code-switching and code-mixing include limited vocabulary in English, the desire to clarify the message, build familiarity with the audience, and adjust to the context of a particular topic These findings indicate that code-switching and code-mixing are functional and adaptive linguistic strategies in the ESP learning process, not as a form of language weakness but as a communication tool that supports an adequate understanding of the material Keywords code-switching, code-mixing, English for Specific Purposes, EFL