
INCREASING STUDENTS’ WRITING SKILLS USING THINK-TALK-WRITE (TTW) AT GRADE XI OF SMK KESEHATAN KALTARA TARAKAN
Pengarang : Rika - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Menulis merupakan kemampuan berbahasa Inggris yang masih banyak siswa yang
mengalami kendala. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis
siswa kelas XI SMK Kesehatan Kaltara Tarakan dengan menerapkan strategi ThinkTalk-Write (TTW). Penelitian ini dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). yang terdiri dari dua siklus, yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan
refleksi. Subjek penelitian adalah 22 siswa kelas XI-Farmasi. Data penelitian ini
dianalisis dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa penerapan strategi TTW secara signifikan meningkatkan kemampuan siswa
dalam menulis teks deskriptif. Pada siklus pertama, sebagian besar siswa mengalami
kesulitan dalam menulis. Namun, setelah menerapkan strategi TTW pada siklus kedua,
siswa mampu menyusun paragraf yang tepat dan runtut. Data kuantitatif mendukung
temuan ini, dengan persentase siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal
meningkat dari hanya 5% pada siklus pertama menjadi persentase yang jauh lebih tinggi
pada siklus kedua. Hasil observasi juga menunjukkan adanya peningkatan keterlibatan,
partisipasi, dan motivasi siswa dalam proses menulis. Berdasarkan hasil tersebut, dapat
disimpulkan bahwa strategi Think-Talk-Write efektif dalam meningkatkan
keterampilan menulis deskriptif siswa dan dapat direkomendasikan sebagai metode
alternatif dalam pembelajaran menulis bahasa Inggris di SMK Kesehatan Kaltara
Tarakan.
Kata Kunci: Keterampilan Menulis, TTW
Writing is an English language ability that many students still struggle with. This study aimed to improve the writing skills of eleventh-grade students at SMK Kesehatan Kaltara Tarakan by applying the Think-Talk-Write (TTW) strategy. This research was conducted using the Classroom Action Research (CAR) method. consisting of two cycles, which included planning, action, observation, and reflection stages. The research subjects were 22 students from class XI-Pharmacy. The data of this study were analyzed using qualitative and quantitative methods. The results showed that applying the TTW strategy significantly improved students' ability to write descriptive text. In the first cycle, most students experienced difficulties in writing. However, after implementing the TTW strategy in the second appropriate linguistic features, and composing paragraphs coherently. Quantitative data supported these findings, with the percentage of students meeting the minimum completion criteria increasing from only 5% in the first cycle to a much higher percentage in the second cycle. The observation results also indicated an increase in students' involvement, participation, and motivation in the writing process. Based on these results, it can be concluded that the Think-Talk-Write strategy was effective in improving students' descriptive writing skills and can be recommended as an alternative method in learning English writing at SMK Kesehatan Kaltara Tarakan. Keywords: Writing Skills, TTW