
THE EFFECT OF DIFFERENTIATED INSTRUCTION TOWARDS SEVENTH GRADERS' SPEAKING ACHIEVEMENT AT SMPN 3 TARAKAN
Pengarang : Stefi Sesarimita Grezela - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh Differentiated Instructions (Pembelajaran Berdiferensiasi) terhadap pencapaian kemampuan berbicara siswa kelas tujuh di SMPN 3 Tarakan. Penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimen dengan model one-group pretest-posttest. Peserta penelitian terdiri dari 30 siswa kelas tujuh dari satu kelas yang dipilih secara purposive. Instrumen yang digunakan adalah tes berbicara yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Selama perlakuan, Differentiated Instruction diterapkan melalui berbagai aktivitas pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan, tingkat kesiapan, minat belajar, dan gaya belajar siswa. Data dianalisis menggunakan Uji Wilcoxon Signed-Rank untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan pada skor berbicara siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Berdasarkan tabel Ranks, tidak ada siswa yang mengalami penurunan skor dari pretest ke posttest (0 siswa dalam negative ranks). Sebaliknya, seluruh 30 siswa mengalami peningkatan skor pada posttest dibandingkan dengan pretest, dengan rata-rata rank sebesar 15,50 dan total rank sebesar 465,00. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada skor kemampuan berbicara siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Hal ini menunjukkan bahwa Differentiated Instruction dapat memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan berbicara siswa. Oleh karena itu, disarankan kepada guru Bahasa Inggris untuk menerapkan Differentiated Instruction guna meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Pencapaian Berbicara
This study investigates the effect of Differentiated Instruction on the speaking achievement of seventh-grade students at SMPN 3 Tarakan. The research utilized a pre-experimental design with a one-group pretest-posttest model. The participants were 30 purposively selected students from a single class. A speaking test was administered before and after the treatment. Differentiated Instruction was implemented during the intervention through various learning activities tailored to students' readiness levels, learning preferences, interests, and styles. Data were analyzed using the Wilcoxon Signed-Rank Test to examine whether there was a significant difference in speaking scores before and after the treatment. The results indicated that none of the students experienced a score decrease (0 students in negative ranks), and all 30 students showed an improvement, with an average rank of 15.50 and a total rank of 465.00. These findings suggest a significant enhancement in students' speaking performance, indicating that Differentiated Instruction positively impacts speaking skills. Thus, English teachers should adopt Differentiated Instruction to improve students' speaking proficiency. Keywords: Differentiated Instruction, Speaking Achievement