Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IX MTs Negeri Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IX MTs Negeri Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IX MTs Negeri Tarakan

Pengarang : Ayatusy Syifa - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IX MTs Negeri Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IX MTs Negeri Tarakan. Pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas IX-C sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-D sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Analisis deskriptif meliputi rata-rata hitung dan simpangan baku. Analisis inferensial menggunakan uji Mann Whitney U. Berdasarkan hasil analisis uji Mann Whitney U menunjukkan bahwa pada data pretest dengan taraf signifikan 0.05 diperoleh 0,101 > 0.05 maka H0 diterima sehingga tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan pada data posttest dengan taraf signifikan 0.05 diperoleh 0,0197 < 0.05 maka H0 ditolak sehingga model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IX MTs Negeri Tarakan.

Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Missouri Mathematics Project (MMP), Uji Mann Whitney U

This study aimed to determine effect of using Missouri Mathematics Project (MMP) learning model on mathematical problem solving ability of ninth grade students at MTs Negeri Tarakan. This was a quasi-experimental research with pretest-posttest control group design. The population in this study were all the ninth grade students at the school. Sampling was done by simple random sampling. The research sample consisted of students from class IX-C as the experimental class and students from class IX-D as the control class. Data were collected using mathematical problem-solving ability tests. The collected data were analyzed using descriptive statistical analysis and inferential statistics. The descriptive analysis included mean and standard deviation. The inferential analysis was done using the Mann Whitney U test. The results of the Mann Whitney U test analysis showed that for the pretest data, with a significance level of 0.05, was obtained 0.101 > 0.05, meaning that the H0 was accepted indicating that there was no difference in the ability to solve mathematical problems between the experimental class and the control class. While for the posttest data, with a significant level of 0.05, was obtained 0.0197

Detail Informasi