Deskripsi Kesalahan Mahasiswa PGSD Universitas Borneo Tarakan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Geometri | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Deskripsi Kesalahan Mahasiswa PGSD Universitas Borneo Tarakan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Geometri

Deskripsi Kesalahan Mahasiswa PGSD Universitas Borneo Tarakan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Geometri

Pengarang : Thea Ramadhani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Kemampuan menyelesaikan soal cerita merupakan cerminan pemahaman konseptual
dan keterampilan berpikir kritis mahasiswa, khususnya pada materi geometri. Namun,
masih ditemukan kesulitan dalam penyelesaiannya secara sistematis. Jenis kesalahan
tersebut dapat dianalisis melalui tahapan prosedur Newman, yaitu: membaca,
memahami, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan mahasiswa PGSD Universitas Borneo
Tarakan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi geometri. Penelitian ini
menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui tes terkait
materi geometri dengan menggunakan prosedur Newman yang dikonfirmasi melalui
proses wawancara. Sebanyak 34 mahasiswa PGSD lokal A2 angkatan 2023 menjadi
pertisipan dalam penelitian dan mengerjakan tes terkait materi geomteri yang
kemudian dikelompokkan berdasarkan kategori kemampuan tinggi, kemampuan
sedang, dan kemampuan rendah. Setelah itu, peneliti memilih enam mahasiswa secara
acak untuk mewakili setiap kategori kemampuan untuk diwawancarai. Hasil penelitian
menunjukkan: (1) subjek dengan kemampuan tinggi umumnya mampu menyelesaikan
soal dengan baik di semua tahap tanpa melakukan kesalahan. Subjek memahami soal
dengan baik, menerapkan strategi yang sesuai, serta menuliskan jawaban akhir dengan
benar; (2) pada subjek dengan kemampuan sedang ditemukan kesalahan dalam tahap
transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir. Hal ini disebabkan
oleh pemilihan rumus yang kurang tepat, kesalahan dalam penerapan konsep, serta
kelalaian dalam menuliskan satuan dan menyusun jawaban secara sistematis; (3)
subjek dengan kemampuan rendah hanya mampu memahami soal pada tahap awal, dan
mengalami kesulitan besar mulai dari transformasi hingga penulisan akhir. Kesalahan
tersebut meliputi pemilihan rumus yang tidak sesuai, kesalahan dalam perhitungan, dan
ketidakmampuan menyusun jawaban akhir dengan benar.

Kata Kunci: Kesalahan Mahasiswa, Prosedur Newman, Soal Cerita, Geometri

The ability to solve word problems reflects students' conceptual understanding and critical thinking skills, particularly in the context of geometry. However, many students still struggle to solve such problems systematically. These types of errors can be analyzed using an Error Analysis Procedure from Newman, which consists of five stages: reading, comprehension, transformation, process skills, and encoding (writing the final answer). This study aims to describe the types of errors made by students of the Primary School Teacher Education (PGSD) program at Borneo Tarakan University in solving geometry word problems. This research employed a qualitative approach. Data were collected through geometry tests developed based on Newman's procedure and were validated through follow-up interviews. A total of 34 PGSD students from Class A2 of the 2023 cohort participated in this study and completed a geometry test. Their results were categorized into high, medium, and low-ability groups. Subsequently, six students were randomly selected from each group for interviews. The findings revealed that: (1) high-ability students generally completed all stages without making any significant errors. They demonstrated strong comprehension, applied appropriate strategies, and provided accurate final answers, (2) medium-ability students made errors during the transformation, process skills, and encoding stages. These mistakes were due to incorrect formula selection, conceptual misunderstandings, and negligence in writing units or organizing their final answers coherently; (3) low-ability students were only able to comprehend the problem at the initial stage but encountered considerable difficulty from transformation to final answer stages. Their errors included choosing inappropriate formulas, míscalculations, and an inability to structure the final response correctly. Keywords: Student Errors, Newman Procedure, Word Problems, Geometry

Detail Informasi