Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Teams Achievment Divisions Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Teams Achievment Divisions Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Teams Achievment Divisions Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Tarakan

Pengarang : Rika Diyah Maulana - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan yang penting dimiliki oleh siswa karena menjadi dasar dalam melatih kebiasaan berpikir kritis dan berpikir sistematis saat menghadapi berbagai permasalahan, baik dalam konteks matematika maupun dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis di SMP Negeri 14 Tarakan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes berupa soal essay. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal pretest dan posttest sebanyak 3 soal essay, dengan masing-masing soal memuat 4 indikator kemampuan pemecahan masalah. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan desain non-equivalent control group dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 14 Tarakan yaitu sebanyak 128 orang. Melalui teknik kluster sampling diperoleh kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-1 sebagai kelas kontrol, dengan masing-masing kelas terdiri dari 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil pretest, sebagian besar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berada dalam kategori sedang, masing-masing sebanyak 14 siswa (46,6%) dan 13 siswa (44,8%). Setelah diberi perlakuan sebagian besar siswa yang mengikuti posttest berada dalam kategori tinggi dan sangat tinggi, yaitu 15 siswa (50%) di kelas eksperimen dan 13 siswa (44,8%) di kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji t diperoleh bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran STAD terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis.

Kata kunci: Kemampuan pemecahan masalah, masalah matematis, pembelajaran kooperatif tipe STAD

Problem-solving ability is a crucial skill for students, as it forms the foundation for developing habits of critical and systematic thinking when facing various problems, both in mathematical contexts and in daily life. This study aims to investigate the effect of the Student Teams Achievement Divisions (STAD) cooperative learning model on students' mathematical problem-solving ability at SMP Negeri 14 Tarakan Data were collected using essay-type tests. The research instrument consisted of pretest and posttest items, each comprising three essay questions, with each question covering four indicators of problem-solving ability This quasi-experimental research employed a non-equivalent control group design, with the population consisting of all 128 seventh-grade students at SMP Negeri 14 Tarakan Using cluster sampling, class VII-2 was selected as the experimental group and class VII-1 as the control group, with each class comprising 32 students. The results showed that, based on the pretest, most students in both the experimental and control groups fell into the medium category, with 14 students (46 6%) and 13 students (44 8%), respectively After the treatment, the majority of students in the posttest were in the high and very high categories, with 15 students (50%) in the experimental group and 13 students (44 8%) in the control group The t-test results indicate that the STAD learning model has a significant effect on students mathematical problem-solving ability. Keywords: problem-solving ability, mathematical problems, STAD cooperative learning model.

Detail Informasi