
IMPLEMENTATION OF SQ3R TECHNIQUE IN TEACHING READING COMPREHENSION AT SMK NEGERI 2 TARAKAN.
Pengarang : Nor Kartika Umairah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menyelidiki dan mendeskripsikan implementasi teknik SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, and Review) dalam pembelajaran membaca pemahaman. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi tanggapan siswa dan guru terhadap implementasi teknik tersebut. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik purposive sampling untuk mendeskripsikan secara akurat masalah atau fenomena tertentu melalui kegiatan investigasi. Peneliti melakukan penelitian di salah satu sekolah kejuruan negeri di Tarakan dan melibatkan satu guru bahasa Inggris serta lima siswa sebagai partisipan. Peneliti mengumpulkan data melalui analisis dokumen, observasi kelas, dan wawancara. Peneliti kemudian menganalisis data secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik SQ3R secara efektif mendukung pemahaman membaca siswa dalam bahasa Inggris. Selain itu, teknik ini mendorong siswa untuk lebih aktif dan terlibat selama proses pembelajaran.
Kata kunci: SQ3R, pemahaman membaca, implementasi.
This study aims to examine and elucidate the SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, and Review) method applied in reading comprehension. This study aims to investigate the utilization of this strategy by students and teachers. The researcher employed a descriptive approach utilizing purposive sample strategies to elucidate certain issues or occurrences during the study activities. This study was conducted at SMK Negeri 2 Tarakan, involving five students and one English teacher. The researcher gathered data via classroom observation, document analysis. The data was subsequently subjected to qualitative analysis. The study’s findings demonstrate that the SQ3R approach enhances students to take an active role in their learning. Keyword: SQ3R, implementation, reading Comprehension