Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Tarakan Menggunakan Media Cuplikan My Trip My Adventure | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Kemampuan Menulis Teks Deskripsi  Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Tarakan Menggunakan Media Cuplikan My Trip My Adventure

Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Tarakan Menggunakan Media Cuplikan My Trip My Adventure

Pengarang : Fahira - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah melihat kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi menggunakan media cuplikan My Trip My Adventure pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Tarakan 2017/2018. Penelitian ini dilakukan Oktober 2017 di SMP Negeri 8 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kelas (PK), yaitu penelitian yang menuntun peneliti untuk mengetahui kemampuan menulis teks deskripsi menggunakan media cuplikan My Trip My Adventure. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 8 Tarakan. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 02 Oktober 2017, data hasil penelitia diperoleh melalui dari tes belajar siswa. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan media cuplikan My Trip My Adventure untuk melihat kemampuan siswa dan hasil belajar siswa kelas VII-1 menunjukkan bahwa rata-rata siswa kelas VII-1 cukup mampu dalam menulis teks deskripsi. Berdasarkan hasil kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi terdapat terdapat 14 siswa yang mendapatkan rentang nilai 80 – 100 dengan presentasi 43.75%, 6 siswa yang mendapatkan rentang nilai 66 – 79 dengan presentasi 18.75%, 6 siswa yang mendapatkan rentang nilai 56- 65 dengan presentasi 18.75%, 4 siswa yang mendapatkan rentang nilai 40 – 55 dengan presentasi 12.5%, dan 2 siswa mendapatkan rentang nilai 30 – 39 dengan presentasi 6.25%. Ketuntasan hasil kemampuan menulis siswa dalam menulis teks deskripsi dikatakan tuntas jika mencapai aspek >66, dan mendapatkan ketuntasan 100%. Berdasarkan hasil penilaian diperoleh kesimpulan dari kelima aspek penilaian terdapat 1 (satu) aspek yang lemah diantara aspek yang lainnya. Siswa memiliki kelemahan dengan banyak ditemukan kesalahan dalam penggunaan EYD di dalam teks deskripsi.

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi