
Pengaruh Beban Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah Kota Tarakan
Pengarang : Venny Fimelly - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan Pengaruh Beban Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei dengan instrumen pernyataan dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengukuran dalam kuesioner menggunakan skala Likert 1 sampai 5. Metode penarikan sampel menggunakan Teknik Non Probability Sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang atau kesempatan sama bagi unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel, dengan model sampling jenuh dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 38 Pegawai berstatus PNS. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dan uji t, didukung dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS Versi 25. Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel beban kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja pegawai, artinya tinggi rendahnya beban kerja, kinerja pegawai tetap terlaksana dengan baik. Hasil berikutnya membuktikan variabel kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, artinya semakin tinggi kepuasan kerja pegawai maka akan semakin tinggi dan meningkat kinerja pegawai.
Kata Kunci: Beban Kerja, Kepuasan Kerja, Kinerja Pegawai
This study aimed to prove the influence of workload and job satisfaction on the performance of employees at the Office of Trade, Cooperatives, and Small and Medium Enterprises in Tarakan. The research was quantitative, with a survey method using a statement instrument and a questionnaire as the data collection technique. Measurements in the questionnaire used a Likert scale from 1 to 5. The sampling method employed a non-probability sampling technique, which is a sampling technique that does not provide equal opportunities or chances for elements or members of the population selected as samples, with a saturated sampling model where all members of the population are used as samples. The number of samples taken was 38 civil servants. The data analysis methods used were multiple linear regression and t-test, supported by the SPSS Version 25 application. The research results demonstrated that the workload variable did not influence employee performance, meaning that regardless of the level of workload, employee performance remained effective. The next result revealed that the job satisfaction variable has a positive and significant effect on employee performance, meaning that the higher the job satisfaction of employees, the higher and more improved their performance will be. Keywords: Workload, Job Satisfaction, Employee Performance