
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Menyimak Berita Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Tarakan
Pengarang : Hariyati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Skripsi ini membahas tentang meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyimak berita dengan menggunakan pembelajaran kooperatif student teams achievement division ( STAD). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyimak berita bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, masing-masing ada empat tahap yaitu Planning (Perencanaan), Action (Tindakan), Observating (Pengamatan), dan Reflecting (Refleksi) Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes dan non-tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian psikomotorik, lembar penilaian afektif, dan lembar observasi siswa dan guru, sumber data dalam skripsi ini 28 orang siswa, yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada aspek psikomotorik siklus I, yaitu 86% siswa dinyatakan telah tuntas sedangkan 14% siswa yang tidak tuntas. Mengalami peningkatan pada siklus II, yaitu 89% siswa dinyatakan telah tuntas sedangkan 11% siswa tidak tuntas. Rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada aspek afektif siklus I, yaitu 68% siswa dinyatakan tuntas sedangkan 32% siswa yang tidak tuntas dan mengalami peningkatan pada siklus II, yaitu 93% siswa yang tuntas dan 7% siswa yang tidak tuntas. Rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada aspek kognitif siklus I, yaitu 68% siswa yang tuntas sedangkan hanya 32% siswa yang tidak tuntas mengalami peningkatan pada siklus II, yaitu 86% siswa yang dinyatakan tuntas dan tidak tuntas yaitu 14% siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyimak berita bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Tarakan
Tidak Tersedia Deskripsi