
Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dengan Metode Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Tarakan
Pengarang : Putri Ade Nanda - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara dengan metode pembelajaran bermain peran (role playing) pada siswa kelas VII SMP Negeri 7 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMP Negeri 7 Tarakan pada semester II tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-4 SMP Negeri 7 Tarakan yang berjumlah 35 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 22 siswa dan perempuan berjumlah 13 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pada tahap perencanaan, peneliti menyusun rangkaian kegiatan yang akan dilakukan. Lalu, pada tahap tindakan peneliti melakukan rangkaian kegiatan yang telah direncanakan sebelumnya. Setelah melakukan tindakan, peneliti melakukan observasi untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan dari pelaksanaan tindakan tersebut. Selanjutnya, peneliti melakukan refleksi untuk mengevaluasi dampak yang telah diamati untuk dapat diperbaiki pada siklus selanjutnya. Pada penelitian ini, peneliti memperoleh sejumlah data, yaitu lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, dan hasil belajar siswa pada aspek keterampilan berbicara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VII-4 SMP Negeri 7 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus. Pada siklus I, ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 60% dengan rata-rata nilai 71,14 dan pada siklus II meningkat menjadi 100% dengan rata-rata nilai 82,57. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
The objective of this study is for improving speaking skill with learning method of role playing to students in VII-4 class at SMP Negeri 7 Tarakan. The research design of this study is classroom action research (CAR) that held at SMP Negeri 7 Tarakan on second semester in academic year of 2016/2017. The subjects of this research are students of VII-4 class at SMP Negeri 7 Tarakan which consists of 35 students, they are 22 male and 13 female students. The research is conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, implementing, observing, and reflecting. In planning, the researcher compiles a series of activities to be performed. Then, in implementing, the researcher conducted a series of activities that have been planned previously. After that, the researcher observes to know the impact of the implementing. Furthermore, the researcher does a reflection to evaluate the observed impact to be improved in the next cycle. The data of this study are gathered by using instrument which are students’ observation sheet, teacher’s observation sheet, and students’ achievement of speaking skill assessment. The result of this research shows that learning method of role playing can improve students’ speaking skill of VII-4 class at SMP Negeri 7 Tarakan. It can be seen by the result in each cycle. In cycle I, the percentage of students’ completeness is 60% with average 71,14 and having an improvement in cycle II, that is 100% with average 82,57. Therefore, it can be concluded that the research is success and achieve the indicator of success.