ANALISIS FAKTOR-FAKTOR DEGRADASI MORAL SISWA KELAS V SDN 003 LUMBIS KABUPATEN NUNUKAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of ANALISIS FAKTOR-FAKTOR DEGRADASI MORAL SISWA KELAS V SDN 003 LUMBIS KABUPATEN NUNUKAN

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR DEGRADASI MORAL SISWA KELAS V SDN 003 LUMBIS KABUPATEN NUNUKAN

Pengarang : Mettriani Mudik - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR DEGRADASI MORAL SISWA KELAS V SDN 003 LUMBIS KABUPATEN NUNUKAN
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan degradasi moral siswa Kelas V SDN 003 Lumbis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di SDN 003 Lumbis pada tahun ajaran 2023/2024. Instrumen penelitian pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai pendukung dalam penelitian ini. Subjek penelitian berjumlah empat siswa kelas V SDN 003 Lumbis. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini triangulasi metode dan triangulasi Sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang menjadi faktor penyebab degradasi moral siswa kelas V SDN 003 Lumbis adanya faktor utama, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Moral siswa disebabkan faktor internal, seperti kurangnya pemahaman moral, lemahnya kontrol diri, serta faktor eksternal, seperti lingkungan keluarga yang kurang mendukung pendidikan moral, faktor teman sebaya, dan penggunaan teknologi yang tidak terkontrol. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi bagi sekolah dan orang tua dalam membangun karakter siswa yang lebih baik.

Kata Kunci: Degradasi moral, Faktor-faktor Degradasi Moral.

ANALYSIS OF FACTORS TO THE MORAL DEGRADATION OF FIFTH GRADE STUDENTS OF SDN 003 LUMBIS NUNUKAN REGERENCY Abstract The purpose of the research was to analyze the factors causing the moral degradation of fifth grade students of SDN 003 Lumbis. This research used a descriptive qualitative approach. The research location was SDN 003 Lumbis in the 2023/2024 academic year. The research instruments were observation sheets, interviews guidelines and documentation as supporting instruments. The research subjects weresearch subjects were 4 students at grade V students of SDN 003 Lumbis. The data analysis techniques used are data reduction, data display, and conclusion: drawing/verifying. The data validity techniques in this research were method triangulation and source triangulation. The results of the research showed that the factors causing the moral degradation of the fifth-grade students of SDN 003 Lumbis are both internal and external factors. Internal factors were lack of moral understanding, and weak self control. External factors were the family environment, particularly in cases where moral education is not priotized, the friend factors, and uncontrolled use of technology. The results of the research are expected to serve as an evaluative instrument for educational institutions and parents in the development of enhanced student character. Keywords: Moral Degradation, Factor Moral Degradation

Detail Informasi