Kemampuan Menulis Cerita Pendek Dengan Menggunakan Model Student Teams Achievment Division (STAD) Pada SMP Negeri 2 Tanjung Palas | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Kemampuan Menulis Cerita Pendek Dengan Menggunakan Model Student Teams Achievment Division (STAD) Pada SMP Negeri 2 Tanjung Palas

Kemampuan Menulis Cerita Pendek Dengan Menggunakan Model Student Teams Achievment Division (STAD) Pada SMP Negeri 2 Tanjung Palas

Pengarang : Sartika - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah melihat kemampuan siswa dalam menulis cerita pendek dengan menggunakan model Student Teams Achiement Division (STAD) pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tanjung Palas 2017/2018. Penelitian ini dilakukan mulai bulan Mei sampai Juni 2017 di SMP Negeri 2 Tanjung Palas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kelas dengan subjek penelitian kelas VII-A. Penelitian ini dilakukan pada dua kali pertemuan. Data hasil penelitian diperoleh dari tes belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model Student Teams Achievment Division (STAD) untuk melihat kemampuan siswa dan hasil belajar siswa kelas VII-A, menunjukkan bahwa rata-rata siswa kelas VII-A sudah mampu menulis cerita pendek dengan baik. Berdasarkan pencapaian aspek diperoleh persentase untuk aspek pertama mendapat 86 dengan persentase 1,716%, untuk aspek kedua mendapat nilai 85 dengan persentase 850%, untuk aspek ketiga 87 dengan persentase 1,733%, untuk aspek keempat 81 dengan persentase 1,633%, untuk aspek kelima 88 dengan persentase 883%, dan untuk aspek keenam 62 dengan persentase 1,233%. Sementara ini untuk perolehan nilai tertinggi dan terendah dalam tiap aspek yang diamati dapat disajikan bahwa untuk aspek pertama hingga keenam pada umumnya peneliti mendapat perolehan nilai persentase tertinggi yaitu 883% dengan nilai 88 untuk aspek kelima, sementara itu untuk aspek keenam memperoleh persentase terendah yaitu 1,233% dengan nilai 62. Berdasarkan nilai hasil ketuntasan kemampuan siswa dalam menulis cerita pendek siswa yang memperoleh nilai dengan rentang 80-100 ada 16 siswa dengan persentase 66,66% berada dalam kategori baik sekali, dan siswa yang memperoleh nilai dengan rentang 75-79 ada 8 siswa dengan persentase 33,33% dalam kategori baik.

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi