
ANALISIS SOAL BUKU PAKET KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 8 PADA ASPEK RANAH KOGNITIF TAKSONOMI ANDERSON DAN KRATHWOHL
Pengarang : Hastuti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran ranah kognitif pada buku teks kelas VIII yang diterbitkan oleh CV Graha Printama Selaras tahun 2021. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data berupa naskah soal pada buku Pintar Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Semester 1 terbitan Graha Printama Selaras tahun 2021 di kota Sukoharjo. Data penelitian ini adalah soal-soal pada buku teks Bahasa Indonesia kelas VIII terbitan Graha Printing Selaras yang terdiri dari 5 bab dengan jumlah soal pilihan ganda sebanyak 200 soal. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan teknik baca, simak, dan catat. Analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: persentase ranah kognitif soal kelas VIII pada bab I dengan jumlah soal sebanyak 40, C1 dengan persentase 20% dengan KKO yang paling dominan muncul yaitu mengidentifikasi. C2 dengan persentase 45% dengan KKO yang paling dominan muncul yaitu memahami. C3 dengan persentase 10% dengan KKO yang paling dominan muncul yaitu menentukan. C4 dengan persentase 25% dengan KKO yang paling dominan muncul yaitu menganalisis. Dimana persentase paling dominan pada bab I yaitu pada ranah kognitif C2 sebanyak 45%. Bab II yaitu C1 dengan persentase 27,5% dengan KKO yang paling dominan muncul yaitu memasangkan. C2 dengan persentase 12,5% dengan KKO yang paling dominan muncul yaitu memahami. C3 dengan persentase 47,5% dengan KKO yang paling dominan muncul yaitu menentukan. C4 dengan persentase 10% dengan KKO yang paling dominan muncul yaitu menganalisis. C5 dengan persentase 2,5% dengan KKO yang paling dominan muncul yaitu mengevaluasi. Dengan ini persentase yang paling dominan pada bab II terdapat pada ranah kognitif C3 dengan persentase 47,5%. Bab III yaitu C1 dengan persentase 20% dengan KKO yang paling dominan muncul yaitu memasangkan. C2 dengan persentase 7,5% dengan KKO yang paling dominan muncul yaitu memahami, mengemukakan, dan mencontohkan. C3 dengan persentase 40% dengan KKO yang paling dominan muncul yaitu menentukan. C4 dengan persentase 27,5% dengan KKO yang paling dominan muncul yaitu menganalisis, dan menemukan. C5 dengan persentase 5% dengan KKO yang paling dominan muncul yaitu merangkum dan memilih. Dengan demikian persentasi yang paling dominan pada bab III yaitu pada ranah kognitif C3 dengan persentase 47,5%. Bab IV yaitu C1 dengan persentase 22,5% dengan KKO yang paling dominan muncul yaitu memasangkan. C2 dengan persentase 20% dengan KKO yang paling dominan yaitu menyimpulkan. C3 dengan persentase 45% dengan KKO yang paling dominan yaitu menentukan. C4 dengan persentase 10% dengan KKO yang paling dominan yaitu menemukan. C5 dengan persentase 2,5% dengan KKO yang paling dominan yaitu menilai. Dengan persentase paling dominan pada bab IV terdapat pada ranah kognitif C3 dengan persentase 45%. Bab V yaitu C1 dengan persentase 12,5% dengan KKO yang paling dominan yaitu menyatakan. C2 dengan persentase 27,5% dengan KKO yang paling dominan muncul yaitu memahami. C3 dengan persentase 35% dengan KKO yang paling dominan muncul yaitu menentukan. C4 dengan persentase 25% dengan KKO yang paling dominan muncul yaitu menganalisis. Dengan demikian persentase yang paling dominan pada bab V terdapat pada ranah kognitif C3 dengan hasil 45%. Hasil analisis menunjukkan bahwa jenjang ranah kognitif yang memiliki persentase paling tinggi di hampir setiap bab yaitu ranah kognitif C3 dengan angka 47,5% pada bab 2, dan untuk keseluruhan bab ranah kognitif yang memiliki nilai tinggi yaitu ranah kognitif C3.
Kata Kunci: Analisis Soal, Dimensi Kognitif, Taksonomi Anderson dan Krathwohl.
The purpose of this study was to ascertain how the cognitive domains were distributed in the grade VIII textbooks that CV Graha Printama Selaras produced in 2021. This kind of study employed a descriptive qualitative methodology. Question scripts from Pintar Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Semester 1 released by Graha Printama Selaras in the city of Sukoharjo in 2021 served as the data source. Questions from the Graha Printing Selaras grade VIII Indonesian language textbook, which had 200 multiple-choice questions spread throughout 5 chapters, served as the study's data source. The data collection technique for this study was through the reading, listening, and note-taking techniques. Data analysis was carried out with the stages of data reduction, data presentation, and verification. The results of this study indicated that: the percentage of cognitive domains of grade VIII questions in chapter 1 with a total of 40 questions, Cl with a percentage of 20%. C2 with a percentage of 45% with the most dominant KKO appearing, namely understanding. C3 with a percentage of 10%. C4 with a percentage of 25%. The most dominant percentage in chapter I was in the cognitive domain C2 as much as 45%. Chapter II was Cl with a percentage of 27.5%, C2 with a percentage of 12.5%. C3 with a percentage of 47.5%. C4 with a percentage of 10%. C5 with a percentage of 2.5. The most dominant percentage in chapter II was in the cognitive domain C3 with a percentage of 47.5%. Chapter III was C1 with a percentage of 20%. C2 with a percentage of 7.5%. C3 with a percentage of 40%. C4 with a percentage of 27.5%. CS with a percentage of 5%. Thus, the most dominant percentage in chapter III was in the cognitive domain C3 with a percentage of 47.5%. Chapter IV was Cl with a percentage of 22.5%. C2 with a percentage of 20%. C3 with a percentage of 45%. C4 with a percentage of 10%. C5 with a percentage of 2.5%. The most dominant percentage in chapter IV was in the cognitive domain C3 with a percentage of 45%. Chapter V was Cl with a percentage of 12.5%. C2 with a percentage of 27.5%, C3 with a percentage of 35%. C4 with a percentage of 25%. Thus, the most dominant percentage in chapter V was in the cognitive domain C3 with a result of 45%. The results of the analysis showed that the cognitive domain level that had the highest percentage in almost every chapter was the cognitive domain C3 with a figure of 47.5% in chapter 2, and for the entire chapter, the cognitive domain that had a high value was the cognitive domain C3. Keywords: Question Analysis, Cognitive Dimensions, Anderson and Krathwohl's Taxonomy