
Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Melalui Model Pembelajaran Think Talk Write Dengan Media Gambar Pada Kelas VII-5 SMP Negeri 7 Tarakan
Pengarang : Hariyati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 7 Tarakan pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 dengan subjek penelitian siswa kelas VII-5 SMP Negeri 7 Tarakan yang berjumlah 30 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, disetiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi melalui model pembelajaran think talk write dengan media gambar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi melalui model pembelajaran think talk write dengan media gambar. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I siswa yang tuntas dalam tes menulis teks deskripsi sebanyak 18 orang dan 12 orang tidak tuntas. Pada siklus II seluruh siswa sebanyak 30 orang tuntas dalam mengikuti tes menulis teks deskripsi melalui model pembelajaran think talk write dengan media gambar. Dengan demikian siklus II menjadi siklus akhir karena ketuntasan belajar siswa telah mencapai 100%. Berdasarkan hasil analisis dapat dilihat bahwa model pembelajaran think talk write dengan media gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa khususnya dalam menulis teks deskripsi. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan siswa kelas VII-5 SMP Negeri 7 Tarakan. Sebelum tindakan dilakukan presentase ketuntasan siswa 43% meningkat pada siklus I presentase ketuntasan siswa mencapai 60% dan pada siklus II presentase ketuntasan siswa sebesar 100%. Sebelum tindakan dilakukan ke siklus I kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi mengalami peningkatan sebesar 17 % pada siklus I ke siklus II kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi mengalami peningkatan sebesar 40%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran think talk write dengan media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII-5 SMP Negeri 7 Tarakan.
Tidak Tersedia Deskripsi