Pengaruh Permainan Lompat Karet Untuk Meningkatkan Kolaborasi Siswa Kelas VIII Di SMPN 5 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Permainan Lompat Karet Untuk Meningkatkan Kolaborasi Siswa Kelas VIII Di SMPN 5 Tarakan

Pengaruh Permainan Lompat Karet Untuk Meningkatkan Kolaborasi Siswa Kelas VIII Di SMPN 5 Tarakan

Pengarang : Latifah Qalbiah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Latifah Qalbiah 2025. Pengaruh Permainan Lompat Karet Untuk Meningkatkan Kolaborasi Siswa Kelas VIII di SMPN 5 Tarakan Tahun 2025 / 2026. Pembimbing Utama Nisa Ariantini, M.Pd, Pembimbing Anggota Nurul Fadilah, S.Pd.,M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan lompat karet untuk meningkatkan kolaborasi siswa kelas VIII di SMPN 5 Tarakan. Kolaborasi merupakan suatu proses saling bekerja sama, berkoordinasi, mempunyai unsur ketergantungan positif dalam kelompok yang mengarah pada tujuan bersama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen desain one - group pretest - posttest. Adapun populasi penelitian ini sebanyak 209 siswa dan teknik pengampilan sampel menggunakan teknik Purpusive Sampling yaitu berjumlah 8 siswa. Intrumen penelitian menggunakan skala likert untuk mengetahui kemampuan kolaborasi siswa, dengan uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon. Pada pemberian pretest terdapat 2 ( 25 % ) siswa memiliki tingkat kolaborasi yang rendah, terdapat 5 ( 62 % ) siswa yang memiliki tingkat kolaborasi sedang dan terdapat 1 ( 13 % ) siswa yang memiliki tingkat kolaborasi tinggi. Pada pemberian posttest terdapat 6 ( 75 % ) siswa memiliki tingkat kolaborasi yang sangat tinggi, dan 2 ( 25 % ) siswa memiliki tingkat kolaborasi tinggi. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon diperoleh nilai sig ( 2 - tailed ) sebesar 0,012 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, maka hipotesis yang berbunyi “ Pengaruh Permainan Lompat Karet untuk Meningkatkan Kolaborasi Siswa kelas VIII di SMPN 5 Tarakan ” diterima.

Kata Kunci : Permainan Lompat Karet, Kolaborasi

This study aims to determine the effect of rubber band jumping games on improving collaboration among eighth - grade students at SMPN 5 Tarakan. Collaboration is a process of working together, coordinating, and having positive interdependence within a group that leads to a common goal. This study employs a quantitative approach using a one - group pretest - post - test experimental design. The study population consists of 209 students, with a sample size of 8 students selected using purposive sampling. The research instrument utilizes a Likert scale to assess students' collaborative abilities, with hypothesis testing conducted using the Wilcoxon test. In the pretest, 2 ( 25 % ) students had a low level of collaboration, 5 ( 62 % ) students had a moderate level of collaboration, and 1 ( 13 % ) student had a high level of collaboration. In the post-test, 6 ( 75 % ) students had very high collaboration levels, and 2 ( 25 % ) students had high collaboration levels. Based on the hypothesis test results using the Wilcoxon test, the sig value ( 2 - tailed ) was 0.012 < 0.05, so Ho was rejected, and Ha was accepted. Keywords : Rubber Band Jumping Game, Collaboration

Detail Informasi