
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV-B SD NEGERI 043 TARAKAN MELALUI PENERAPAN MEDIA SIMULASI PHET DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Pengarang : Masnia - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IV-B melalui penerapan media simulasi PhET (Physical Education Technology) dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV-B yang berjumlah 24 peserta didik. Data dikumpulkan melalui angket motivasi belajar, tes soal dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media simulasi PhET dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik, yang ditandai dengan peningkatan skor motivasi belajar pada siklus I dan II. Pada siklus I, skor motivasi belajar peserta didik mencapai 75,00% yang temasuk dalam kategori sangat termotivasi, dan pada siklus II meningkat menjadi 95,83% yang termasuk dalam kategori sangat termotivasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media simulasi PhET dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika, karena PhET memungkinkan peserta didik untuk belajar secara interaktif dan menyenangkan.
The purpose of this study is to enhance the learning motivation of fourth-grade students in class IV-B by incorporating PhET (Physical Education Technology) simulation media into mathematics learning. The study approach employed was Classroom Action Research (CAR), which had two cycles. The study included 24 students from class IV-B. Data were gathered via leaming motivation surveys, assessments, and observations. The findings showed that using PhET simulation media could boost students' learning motivation, as seen by an increase in learning motivation scores in cycles I and II. The students' learning motivation score grew from 75.00% in cycle I to 95.83% in cycle II, both of which are categorized as extremely motivated. This study finds that PhET simulation media can be used to boost student motivation in mathematics learning because they allow students to learn interactively and enjoyably.