
DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KOMUNIKASI SISWA KELAS V D SD NEGERI UTAMA 2 TARAKAN
Pengarang : Suci Ramdani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Media sosial merupakan platform atau aplikasi berbasis internet yang menjadi-kan penggunanya untuk berinteraksi, berbagi informasi, dan terhubung dengan orang lain. komputer, ponsel pintar, dan lain lain dengan bantuan jaringan seluler sebagai penghubungnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media sosial dan apa saja dampaknya terhadap komunikasi siswa padaKelas V D SDN Utama 2 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 24 siswa dan 1 guru wali kelas, kemudian diambil 3 siswa untuk menjadi sampel. Dimana dipilih berdasarkan siswa yang memiliki ketertarikan, konsentrasi dan menikmati aktivitas serta siswa yang cenderung lebih banyak merasakan Penggunaan nya. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kuisioner kemudian peneliti melakukan observasi ter-hadap subjek dan dikonfirmasi dengan wawancara oleh subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan media sosial terhadap komunikasi pada siswa kelas V D SD Negeri Utama 2 Tarakan yaitu untuk menambah teman, se-bagai sarana belajar, untuk melupakan seseorang, menghilangkan rasa bosan, mampu meningkatkan dan melatih kefokusan siswa serta membuat siswa men-jadi lupa waktu. (2) dampak positif siswa kelas V D SD Negeri Utama 2 Tara-kan dalam menggunakan media sosial terhadap komunikasinya ialah menjaga ucapan dengan baik, mengucapkan kata maaf, mendengarkan teman berbicara, berkomunikasi dengan bahasa yang mudah dipahami dan tidak bertele tele. (3) dampak negatifnya siswa cenderung mengganggu teman, membully secara ver-bal, emosional, dan siswa juga dengan mudah untuk berbicara kotor kepada te-mannya.
Kata Kunci : Dampak, Penggunaan, Media Sosial, Komunikasi
Social media is an internet-based platform or application that facilitates interaction, information exchange, and connectivity among users. Computers, smartphones, and other devices utilize cellular networks to establish a connection. The purpose of the research was to describe the use of social media and its impact on student communication in grade V of SDN Utama 2 Tarakan. The type of research used was descriptive qualitative. The research subjects were 24 students and 1 teacher, then 3 students were taken as samples. The selection of students was based on the interest, concentration and enjoy activities and students who tend to feel more use. Data were collected through questionnaires, observations, and interviews with the subjects. The results of the research showed that (1) the use of social media on communication in class V-D students of SDN Utama 2 Tarakan is to add friends, to learn, to forget someone, to eliminate boredom, to improve and train student focus and make students forget time. (2) the positive impact of class V-D students of SDN Utama 2 Tarakan in using social media on their communication is to maintain good speech, say sorry, listen to friends speak, communicate with language that is easy to understand and not long-winded. (3) the negative impact is that students tend to disturb friends, bully verbally, emotionally, and students also easily talk dirty to their friends. Keywords: Impact, Social Media Use, Communication