Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Keterampilan Menulis Tema Indahnya Kebudayaan Kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Keterampilan Menulis Tema Indahnya Kebudayaan Kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan

Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Keterampilan Menulis Tema Indahnya Kebudayaan Kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan

Pengarang : Nurfadinal - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk LKS berbasis keterampilan menulis tema indahnya kebudayaan kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan dan menghasilkan produk LKS berbasis keterampilan menulis pada tema indahnya kebudayaan yang efektif dari aspek kelayakan dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dari model Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Setyosari (2013) yang dibatasi sampai pada tahap ke tujuh. Instrumen penelitian dan pengembangan ini menggunakan lembar pedoman wawancara guru, angket validasi ahli materi, angket validasi ahli bahasa, angket validasi ahli desain, angket respon guru, angket respon siswa. Hasil penelitian dari validasi penyajian LKS melalui angket oleh pakar materi mendapat 95%, dari pakar bahasa mencapai 85%, dan pakar desain mencapai 95%. Hasil angket tanggapan dari guru terhadap LKS berbasis keterampilan menulis tema indahnya kebudayaan sebesar 95% dan tanggapan siswa sebesar 96%. Uji coba produk yang dikembangkan dilaksanakan di SMP Negeri 10 Tarakan. Hasil penelitian dan pengembangan LKS layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis keterampilan menulis tema indahnya kebudayaan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi