DESKRIPSI MOTIVASI MAHASISWA PROGRAM STUDI PGSD UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN DALAM MEMILIH PROFESI MENJADI GURU | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of DESKRIPSI MOTIVASI MAHASISWA PROGRAM STUDI PGSD UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN DALAM MEMILIH  PROFESI MENJADI GURU

DESKRIPSI MOTIVASI MAHASISWA PROGRAM STUDI PGSD UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN DALAM MEMILIH PROFESI MENJADI GURU

Pengarang : Hebiyola - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi mahasiswa Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Borneo Tarakan dalam
memilih profesi guru. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif.
Populasi penelitian ini terdiri dari 166 mahasiswa angkatan 2021, dengan sampel
sebanyak 117 mahasiswa yang dipilih menggunakan rumus Slovin. Data
dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh indikator motivasi berada dalam
kategori sedang. Tidak terdapat satu pun indikator yang berada pada kategori tinggi.
Hal ini menunjukkan bahwa motivasi mahasiswa masih berada pada tingkat
menengah dan belum menunjukkan kecenderungan yang kuat ke arah tertentu.
Beberapa indikator seperti kontribusi sosial, nilai intrinsik, kemampuan mengajar,
serta ketertarikan bekerja dengan anak-anak memperoleh nilai pada kategori
sedang, begitu pula indikator lainnya seperti keamanan kerja, pengaruh sosial,
pengalaman belajar, dan aspek lainnya. Temuan ini menunjukkan bahwa motivasi
mahasiswa terbentuk oleh berbagai faktor dengan intensitas yang relatif seimbang.
Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa memiliki
motivasi yang cukup dalam memilih profesi guru, namun motivasi tersebut masih
perlu ditingkatkan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi
lembaga pendidikan untuk merancang program pembinaan dan pengembangan
yang mendukung peningkatan motivasi mahasiswa dalam menekuni profesi guru di
masa depan.
Kata kunci: motivasi, mahasiswa PGSD, profesi guru, FIT-Choice, pendidikan.

This study aimed to analyze the motivation of students of the Elementary School Teacher Education Study Program (PGSD) at Borneo University Tarakan in choosing the teaching profession. The research employed a quantitative descriptive approach. The population of this study consisted of 1168 students of class 2021, with a sample of 117 students selected using the Slovin formula. Data were collected through questionnaires and analyzed using descriptive statistics. The results showed that all motivation indicators were in the moderate category. There were none of the indicators in the high category. This indicated that student motivation was still at a medium level and had not shown a strong tendency in a particular direction. Some indicators, such as social contribution, intrinsic value, teaching ability, and interest in working with children, scored in the medium category, as did other indicators such as job security, social influence, learning experience, and other aspects. This finding showed that students' motivation was determined by various factors with relatively balanced intensity. Based on these results, it can be concluded that students had sufficient motivation in choosing the teaching profession, but this motivation still requires improvement. The results of this study were expected to be input for educational institutions to design coaching and development programs that support the increase in students' motivation in pursuing the teaching profession in the future Keyword: Motivation; PGSD students; teaching profession; FIT-Choice; education.

Detail Informasi