RANCANG BANGUN APLIKASI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA INFORMASI LEMBAGA PELATIHAN KERJA ZARAYA LIHAY | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of RANCANG BANGUN APLIKASI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA INFORMASI LEMBAGA PELATIHAN KERJA ZARAYA LIHAY

RANCANG BANGUN APLIKASI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA INFORMASI LEMBAGA PELATIHAN KERJA ZARAYA LIHAY

Pengarang : Annida Zakkiah Az-Zahra - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Salah satu bentuk revolusi digital pada media pemasaran ialah teknologi augmented reality (AR) karena dinilai menarik dan interaktif. Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Zaraya Lihay merupakan lembaga pendidikan nonformal yang menyediakan layanan pelatihan kursus mengemudi dan masih mengandalkan brosur sebagai media penyampaian informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media infromasi yang menerapkan teknologi AR untuk meningkatkan daya tarik dan inovasi dalam penyampaian informasi mengenai pelatihan kursus mengemudi. Penelitian ini berhasil dibangun dengan baik menggunakan teknologi AR berbasis android. Aplikasi ini memungkinkan pengguna dapat mengakses informasi mengenai instruktur, paket kursus, materi latihan, profil LPK Zaraya Lihay serta jenis mobil latihan. Penerapan jenis AR marker based memungkinkan pengguna dapat mengeksplorasi bentuk dan jenis mobil secara 3 dimensi. Untuk mengukur kinerja optimal aplikasi dilakukan pengujian pencahayaan terhadap kamera AR di luar ruangan dengan cahaya matahari, di dalam kantor dengan cahaya lampu Philips 19 Watt maupun di dalam kantor tanpa cahaya lampu menunjukkan performa yang konsisten sebesar 100%. Pada pengujian sudut kemiringan tracking pada sudut 90˚, 45˚, dan 75 ˚ pada kamera AR menghasilkan performa optimal pada sudut tegak lurus 90˚ dengan kecepatan deteksi 0,86 detik dengan tingkat keberhasilan 100%. Tahap pengujian marker terhalang 25%, 50%, atau lusuh menghasilkan tingkat keberhasilan keseluruhan 78,33%, menunjukkan performa yang cukup baik dalam mendeteksi marker merskipun marker terdapat gangguan namun berpengaruh pada kualitas dan stabilitas objek 3D. Pengujian fungsionalitas menggunakan metode blackbox menunjukkan kinerja optimal dengan berstatus “Berhasil” pada seluruh fitur dengan hasil 100%. Hasil analisis usability testing menggunakan Google Form berbasis skala likert memperoleh penilaian sangat tinggi pada seluruh indikator usability dengan total rata – rata 4,946 dari skala 5 atau 98,92%. Secara keseluruhan, aplikasi ini telah memenuhi standar yang “sangat baik” yang mengindikasi bahwa aplikasi ini sangat mudah dipelajar, diingat, digunakan secara efisien dan memberikan tingkat kepuasan yang sangat tinggi.
Kata Kunci : Augmented Reality, Android, 3 Dimensi, Usability Testing, Marker Based

Augmented reality (AR) technology is recognized as an engaging and interactive form of digital revolution in marketing media. Zaraya Lihay Job Training Institution (LPK) is a non-formal institution providing driving course training services and currently relies on brochures for information dissemination. This research aims to develop an information medium that utilizes AR technology to enhance appeal and innovation in conveying information about driving course training. The research successfully developed an application using Android-based AR technology. This application allows users to access information about instructors, course packages, training materials, the profile of LPK Zaraya Lihay, and the types of training vehicles. The implementation of marker-based AR enables users to explore the shapes and types of vehicles in 3 dimensions. To measure the application's optimal performance, lighting tests were conducted on the AR camera in outdoor environments with sunlight, indoors with Philips 19 Watt light bulbs, and indoors without any light, all of which demonstrated consistent performance of 100%. Tracking angle tests at 90°, 45°, and 75° angles on the AR camera yielded optimal performance at a 90° perpendicular angle, with a detection speed of 0.86 seconds and a success rate of 100%. Testing with markers partially obscured by 25%, 50%, or wear and tear resulted in an overall success rate of 78.33%, indicating a reasonably good performance in detecting markers despite the presence of disturbances, although this did affect the quality and stability of the 3D objects. Functional testing using the black box method demonstrated optimal performance, with a "Successful" status for all features and a result of 100%. The usability testing analysis, using a Google Form based on a Likert scale, obtained very high ratings across all usability indicators, with a total average of 4.946 out of a scale of 5, or 98.92%. Overall, this application has met "very good" standards, indicating that the application is very easy to learn, remember, use efficiently, and provides a very high level of satisfaction. Keywords: Augmented Reality, Android, 3 Dimensions, Usability Testing, Marker Based

Detail Informasi