
Hubungan Lingkungan Belajar Dan Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Tarakan
Pengarang : Lusia Valentina - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antar variabel dalam penelitian. Jenis penelitian ini adalah korelasional atau studi hubungan. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Tarakan, sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan tabel penentuan jumlah sampel dari populasi tertentu yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah analisis regresi berganda dengan bantuan software SPSS 21 For Windows. Hasil analisis deskriptif dari penelitian menunjukkan bahwa lingkungan belajar berada pada kategori sedang yaitu sebesar (68,60%). Kesiapan belajar berada pada kategori sedang yaitu (69,76%). Lingkungan belajar dan kesiapan belajar memiliki hubungan dengan hasil belajar IPA siswa kelas IX SMP Negeri 2 Tarakan. Persamaan regresi menunjukkan Y = 12,133 + 0,340 X1 + 0,503 X2 hasil analisis pengujian koefesien determinasi menunjukkan bahwa variabel lingkungan belajar dan kesiapan belajar memberikan konstribusi sebesar 26 % terhadap hasil belajar IPA siswa.
Tidak Tersedia Deskripsi