
THE EFFECT OF READING ALOUD STRATEGY ON STUDENTS’ PRONUNCIATION OF TWELFTH GRADERS AT SMA NU 1 TARAKAN
Pengarang : Yayuk Febriani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek dari strategi Reading Aloud terhadap keterampilan pengucapan siswa pada siswa kelas duabelas SMA NU 1 Tarakan. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain one group pre-test post-test. Populasi dari penelitian ini adalah kelas duabelas sebanyak 22 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui test lisan berupa pre-test dan post-test untuk mengetahui adanya efek terhadap pelafalan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya sedikit peningkatan terhadap keterampilan pelafalan pada siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data nilai rata-rata pre-test dan post-test yang menunjukan adanya peningkatan sebesar 3.18. Uji Wilcoxon Sign Rank Test dilakukan karena adanya data dari hasil normality tidak berdistribusi normal. Hasil uji ini menunjukan nilai signifikansi sebesar (0.367 < 0.05) yang mengindikasi bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima sedangkan hipotesis null (H0) ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengajaran pelafalan pada siswa dengan menggunakan strategi Reading Aloud terbukti adanya efek pada kemampuan pelafalan siswa pada kelas duabelas di SMA NU 1 Tarakan.
Kata kunci: Strategi Reading Aloud, Keterampilan Pelafalan
This study examines the effect of the Reading Aloud strategy on the pronunciation skills of twelfth-grade students at SMA NU 1 Tarakan. The research employed a pre-experimental method using a one-group pre-test and post-test design. The population consisted of 22 twelfth-grade students, and total sampling was applied as the sampling technique. Data were collected through oral tests administered before (pre-test) and after (post-test) the treatment to assess any effect on students' pronunciation. The findings indicated a slight improvement in students' pronunciation skills, as evidenced by the increase in the mean scores from the pre-test to the post-test, which rose by 3.18 points. The Wilcoxon Signed-Rank Test was used due to the non-normal distribution of the data, as shown by the normality test results. The test revealed a significance value of (0.367 < 0.05), indicating that the alternative hypothesis (Ha) was accepted while the null hypothesis (HO) was rejected. Therefore, it can be concluded that teaching pronunciation using the Reading Aloud strategy has a measurable effect on the pronunciation abilities of twelfth-grade students at SMA NU 1 Tarakan. Keywords: Reading Aloud Strategy, Pronunciation Skills.