
Hubungan Kebiasaan Belajar Dan Bimbingan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Tarakan
Pengarang : Jusman - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan September – Oktober 2016 di SMA Negeri 2 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah korelasional atau studi hubungan yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antar variabel penelitian. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Tarakan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah analisis regresi berganda dengan bantuan software SPSS 21 For Windows. Hasil analisis deskriptif dari penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan belajar berada pada kategori sedang yaitu sebesar 68,60%. Bimbingan orang tua berada pada kategori sedang yaitu 64,58%. Kebiasaan belajar dan bimbingan orang tua memiliki hubungan dengan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tarakan. Persamaan regresi menunjukkan Y = 48,297 + 0,107X1 + 0,291X2. Hasil analisis pengujian koefesien determinasi menunjukkan bahwa variabel kebiasaan belajar dan bimbingan orang tua memberikan konstribusi sebesar 11,7% terhadap hasil belajar siswa.
This research was conducted from September - October 2016 in SMA Negeri 2 Tarakan. This research is a correlational or association research that aimed to know the relationship between variables. The population in this research were all of students of class XI IPA at SMA Negeri 2 Tarakan. Data was collected using questionnaires and documentation. The data was analyzed using multiple regression analysis with SPSS 21 For Windows. The result showed that the habit of learning was in the middle category that was equal to 68.60%. Parental guidance was also in the middle category which was 64.58%. There was a relationship the habit of learning and parental guidance with the learning outcomes of elevent graders at SMA Negeri 2 Tarakan. The regression showed that Y = 48.297 + 0,107X1 + 0,291X2. The coefficient of determination showed that the variables of the habit of learning and guidance of parents contributed 11.7% on student learning outcomes.