Pengembangan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang Dalam Teks Cerita Dongeng Berbentuk Buku Saku Pada Siswa Kelas IV-B SDN 016 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang Dalam Teks Cerita Dongeng Berbentuk Buku Saku Pada Siswa Kelas IV-B SDN 016 Tarakan

Pengembangan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang Dalam Teks Cerita Dongeng Berbentuk Buku Saku Pada Siswa Kelas IV-B SDN 016 Tarakan

Pengarang : Sentia - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kelayakan media pembelajaran teka-teki silang dalam teks cerita dongeng ditinjau dari validasi Ahli materi, media dan bahasa, serta kemenarikan ditinjau dari angket respon guru dan angket respon siswa, dan melihat hasil belajar siswa setelah menggunakan media. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan mengacu pada model pengembangan MDLC terdiri dari enam tahapan penelitian yaitu: 1) Concept (Pengonsepan); 2) Design (Perancangan); 3) Material Collecting (Pengumpulan Bahan); 4) Assembly (Pembuatan); 5) Testing (Pengujian); 6) Distribution (Pendistribusian). Instrumen pengumpulan data yang digunaka yaitu: lembar validasi, angket respon guru dan angket respon siswa, hasil jawaban soal. Penelitian ini dilakukan di kelas IV-B SDN 016 Tarakan. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli materi sebesar 80%, ahli media sebesar 95%, dan ahli bahasa sebesar 94%, dengan kriteria sangat layak. Hasil dari angket respon guru pada uji coba terbatas sebesar 100%, angket respon siswa pada uji coba terbatas sebesar 96,22% dan hasil respon guru pada uji coba pemakaian sebesar 84%, angket respon siswa uji coba pemakaian sebesar 88,66%, dengan kriteria sangat layak. Hasil dari belajar siswa pada uji coba terbatas 85,11 dan hasil belajar siswa pada uji coba pemakaian sebesar 86,08, dengan kriteria sangat efektif. Berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli media, ahli bahasa, respon guru, respon siswa, hasil belajar siswa pada uji coba terbatas dan uji coba pemakaian maka, media pembelajaran teka-teki silang teks cerita dongeng berbentuk buku saku dinyatakan layak dan menarik digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Teka-Teki Silang, Teks Cerita Dongeng

The rapid advancement of technology nowadays, including smartphones, has opened up opportunities to optimize course attendance, which is still done manually. This research aimed to design and build an Android-based course attendance application by utilizing NFC technology in the form of Ntag215 stickers as a medium for validating student attendance. The research method used was Agile Scrum, which supported iterative system development against changing needs. The application was designed using Android Studio and Google Sheets as a database for storing and processing attendance data. The main features of the application comprised two attendance mechanisms, specifically the attendance scan feature through smartphone taps on the Ntag215 sticker attached to each course and the permission submission feature. Application testing was carried out using the black box testing method to evaluate application functionality according to user needs. Application functionality testing achieved 100% success on al feature. NFC readiing indicated optimal performance at a distance of 0-2 cm with an average response time of 1.225 seconds, and NFC tag reading accuracy reached 100% success, either without a case or with a case. NFC tag performance testing achieved 100% success with data processing time showing an average of 7.079 seconds, which fell below the set standard. These results confirm that the lecture attendance application improved the performance and efficiency of recording student attendance as well as simplified the management of attendance data.This application can also be a solution in modernizing the lecture attendance application at the Department of Computer Engineering, Borneo Tarakan University. Keywords : Attendance, Android, NFC Tag, Agile Scrum, Google Spreadsheet

Detail Informasi