
Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sebatik
Pengarang : Herlina - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran sains teknologi masyarakat terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan populasi seluruh siswa kelas X dan sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan X-3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes, observasi, dan angket. Analisis data menggunakan bantuan software SPSS 22.0 for windows dengan teknik analisis data menggunakan uji MANOVA. Hasil uji MANOVA hasil belajar siswa hal ini ditunjukkan dengan hasil uji Multivariate Tests (Test of Between-Subject Effects)dengan nilai F= 12,193 dengan signifikansi 0,001 lebih kecil dari 0,05. Hasil uji MANOVA keterampilan proses sains siswa halini ditunjukkan dengan hasil uji Multivariate Tests (Test of Between-Subject Effects)dengan nilai F = 8,128 dengan signifikansi 0,006 lebih kecil dari 0,05.
This research aimed to determine The Effectiveness of Instructional Model Science Technology Society towards Science Process Skills and Students’ Learning Outcomes. This research used quasi experiment with the entire population students of class X and a sample of two classes of class X-1 as the experimental class and X-3 as the control class. The sampling technique used purposive sampling and data collection techniques using documentation, testing, observation and questionnaires. Data analysis using SPSS 22.0 for windows with data analysis techniques using MANOVA test. MANOVA test results of student learning outcomes as shown by the results test of Multivariate Tests (Test of Between-Subject Effects) with a value of F = 12.193 with a significance of 0.001 less than 0.05. MANOVA test results of students' science process skills shown by the test results Multivariate Tests (Test of Between-Subject Effects) with F score = 8.128 with 0.006 significance less than 0.05.