Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Minat Siswa Dan Pemahaman Konsep Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Minat Siswa Dan Pemahaman Konsep Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Tarakan

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Minat Siswa Dan Pemahaman Konsep Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Tarakan

Pengarang : Akhmad Sarkawi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap minat siswa dan pemahaman konsep biologi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 02 Mei 2016 sampai tanggal 02 Juni 2016 di SMP Negeri 5 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain penelitian Nonequivalen Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Tarakan tahun pelajaran 2015/2016 dan sampel sebanyak 2 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data menggunakan bantuan software SPSS 22 for windows dengan teknik analisis menggunakan uji independent sample t-test. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap minat siswa diperoleh thitung (3.390) lebih besar dibandingkan nilai ttabel (2,000). Sedangkan untuk pemahaman konsep diperoleh thitung (6.641) lebih besar dibandingkan nilai ttabel (2,000).

The objective of this study is to know the effect of using group investigation (GI) learning model on the students interest and understanding biology concept of students at grade VII in SMP Negeri 5 Tarakan. This study was conducted on 02 mei 2016 until 02 juni 2016 in SMP Negeri 5 Tarakan. The type of this research was quasi eksperiment with the nonequivalen control group design. The population in this study was all students at grade VII in SMP Negeri 5 Tarakan in academic year 2015/2016 and the sample as many as 2 classes. Sampling technique was used purposive sampling. Analysis of data was used SPSS 22 software with the technique of analysis used independent sample t?test. Based on the data analysis result can be concluded that there was the effect of using group investigation (GI) learning model on the students interest it was obtained that t-count (3.390) was bigger than the value of t-table (2,000). White for the concept understanding was obtained that t-count (6.641) was bigger than the value of t-table (2,000).

Detail Informasi