Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Dan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Berbantu Mind Map Melalui Lesson Study Kelas XI MIA 2 MAN Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Dan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Berbantu Mind Map Melalui Lesson Study Kelas XI MIA 2 MAN Tarakan

Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Dan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Berbantu Mind Map Melalui Lesson Study Kelas XI MIA 2 MAN Tarakan

Pengarang : Sudarsih - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Meningkatkan kompetensi pedagogik guru dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray berbantu mind map melalui Lesson Study, 2) Meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray berbantu mind map melalui Lesson Study. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pesert a di di k kelas XI MIA 2 MAN Tarakan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, lembar kuisioner, lembar observasi, dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray berbantu mind map melalui lesson study dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru dan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada siklus I penilaian kompetensi pedagogik guru yaitu 65% dengan kategori cukup, pada siklus II meningkat menjadi 73% dengan kategori baik, kemudian pada siklus III juga mengalami peningkatan menjadi 81% dan dikategorikan sagat baik. Adapun hasil belajar peserta didik dari siklus I, siklus II, dan siklus III juga mengalami peningkatan nilai ketuntasan belajar secara klasikal yaitu pada siklus I sebesar 76,31%, siklus II meningkat menjadi 81,57% kemudian pada siklus III juga meningkat menjadi 86,85%. Maka pada penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian sudah berhasil dan mencapai indikator keberhasilan yang ditargetkan oleh peneliti.

This study aims to: 1) Improve the pedagogical competence of teachers and students of class XI MIA 2 MAN Tarakan by implement the model of cooperative learning type two stay two stray assisted mind map through Lesson Study, 2) Improve the students outcomes by apely cooperative Two Stay Two Stray asisted mind map through Lesson Study model. This type of research is a classroom action research. The population in this study were all students of class XI MIA 2 Tarakan MAN. The result of research shows that by using cooperative learning model type two stay two stray assisted mind map through lesson study can improve pedagogic competence of teacher and learners. This can be seen from the results obtained in the first cycle of teacher pedagogic competency assessment is 65% with enough category, in the second cycle increased to 73% with good category, then in cycle III also increased to 81% and categorized is very good. The learning outcomes of students from cycle I, cycle II, and cycle III also experienced an increase in the value of classical learning completeness in the first cycle of 76.31%, cycle II increased to 81.57% and then in the third cycle also increased to 86, 85%. So in the research can be concluded that the research has been successful and achieve the targeted success indicator by the researcher.

Detail Informasi