
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, CREATE (RADEC) TERHADAP LITERASI SAINS SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 2 TARAKAN
Pengarang : Lisa Juliana Trisnawati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, Create (RADEC) terhadap literasi sains siswa di SMA Negeri 2 Tarakan. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya tingkat literasi sains siswa yang disebabkan oleh kurangnya pengalaman dalam mengerjakan soal-soal yang menuntut penalaran mendalam. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalent control group design dengan pretest-posttest. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tarakan. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling, sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI-A dan XI-C yang berjumlah 63 orang. Pengumpulan data literasi sains menggunakan instrumen tes berupa pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji prasyarat, uji N-Gain, dan uji hipotesis. Uji prasyarat penelitian ini terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan uji Independent Sampel T-Test. Hasil uji Independent Sampel T-Test menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap literasi sains siswa, dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < taraf signifikasi α= 0,05. Hal ini mengindikasikan bahwa penerapan model Read, Answer, Discuss, Explain, Create (RADEC) berpengaruh terhadap literasi sains siswa.
Kata Kunci: Membaca, Menjawab, Mendiskusikan, Menjelaskan, Mencipta (RADEC), Literasi Sains
This study aimed to determine the effect of implementing the Read, Answer, Discuss, Explain, Create (RADEC) learning model on the science literacy of students at SMA Negeri 2 Tarakan. The research background was based on the low level of students' science literacy, attributed to a lack of experience in solving problems that require in-depth reasoning. This research employed a quantitative approach with a quasi-experimental method. The research design utilized was a non-equivalent control group design with pretest-posttest assessments. The study population comprised all eleventh-grade students at SMA Negeri 2 Tarakan. The sample was determined using purposive sampling, with the sample consisting of 63 students from classes XI-A and XI-C. Data on science literacy were collected using a multiple-choice test instrument. Data analysis techniques included prerequisite tests, N-Gain analysis, and hypothesis testing. The prerequisite tests consisted of normality and homogeneity tests, while the hypothesis was tested using an Independent Samples T-Test. The results of the Independent Samples T-Test indicated a significant effect on student science literacy, with a sig. (2-tailed) value of 0.000 < significance level a= 0.05. This indicates that the implementation of the Read, Answer, Discuss, Explain, Create (RADEC) model has an effect on student science literacy. Keywords: Read, Answer, Discuss, Explain, Create (RADEC), Science Literacy