Pengembangan Modul Fun And Educative Sebagai Bahan Ajar Pada Materi Morfologi Dan Anatomi Tumbuhan Kelas X SMK Negeri 3 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Modul Fun And Educative Sebagai Bahan Ajar Pada Materi Morfologi Dan Anatomi Tumbuhan Kelas X SMK Negeri 3 Tarakan

Pengembangan Modul Fun And Educative Sebagai Bahan Ajar Pada Materi Morfologi Dan Anatomi Tumbuhan Kelas X SMK Negeri 3 Tarakan

Pengarang : Tabita Adian - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa mengenai modul yang dikembangkan dengan karakteristik fun and educatif yang menyajikan berbagai games edukatif di dalam modul. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan angket penilaian untuk ahli media, ahli materi, guru biologi dan siswa. Data hasil penelitian di analisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian modul berdasarkan penilaian ahli media memperoleh persentase 87,69% dengan kategori sangat layak, ahli materi memperoleh persentase 86%, praktisi guru biologi memproleh persentase 83,69% dengan kategori layak dan hasil angket respon siswa terhadap modul yang dikembangkanmemperoleh persentase 90% dengan kategori sangat menarik. Berdasarkan hasil penilaian dari para ahli media, ahli materi, praktisi guru biologi dan siswa maka dapat disimpulkan bahwa modul biologi yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kualitas bahan ajar yang baik dan layak digunakan dalam pembelajaran.

This study aims to determined the decented and students respons about module developed with characteristics fun and educative serve any games educative in module. This research was development used ADDIE model that consist of five stage, they are Analysis, Design, Development, Implementation, and evaluation Technique of data collection using questionnaire for media experts, material, biology teacher and student. Data was analysed by descriptive qualitative and quantitative. The result of module that the media expert obtains percentage of 87,69% with category as very feasible, material assessment obtains percentage of 86% with category as very feasible, assessment from biology teacher reaches percentage of 83,69% which is decent categorized and the result of student response is 90% with very interest category. Based of these assessment from media expert, material, biology teacher, and student that biology module was developed has fulfill the quality good criteria and decent to used in learning.

Detail Informasi