
EFEKTIVITAS PELATIHAN BHD DENGAN METODE FLIPPED CLASSROOM DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KESIAPAN MAHASISWA MEMBERIKAN PERTOLONGAN PERTAMA
Pengarang : Miftakhul Fadillah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Kegawatdaruratan seperti henti jantung memerlukan penanganan cepat untuk mencegah kematian. Bantuan Hidup Dasar (BHD) merupakan intervensi awal yang krusial. Mahasiswa keperawatan perlu dilatih untuk meningkatkan pengetahuan dan kesiapan mereka dalam memberikan pertolongan pertama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan BHD dengan metode Flipped Classroom terhadap peningkatan pengetahuan dan kesiapan mahasiswa keperawatan dalam memberikan pertolongan pertama. Desain penelitian menggunakan quasi-eksperimental jenis one group pretest-posttest. Sampel terdiri dari 68 mahasiswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner mengenai tingkat pengetahuan dan kesiapan melakukan BHD. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pengetahuan dan kesiapan mahasiswa keperawatan setelah mengikuti pelatihan BHD dengan metode Flipped Classroom. Pelatihan menggunakan metode Flipped Classroom efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan kesiapan mahasiswa dalam melakukan pertolongan pertama, yang dapat berkontribusi pada upaya penanganan kegawatdaruratan.
Emergencies like cardiac arrest necessitate immediate intervention to avert mortality. Basic Life Support (BLS) is an essential preliminary intervention. Training will help nursing students to increase their knowledge and preparedness for giving first aid. This study aims to examine the impact of BLS training using the flipped classroom method on nursing students’ knowledge and readiness to provide first aid. The study used a quasi-experimental one-group pretest-posttest design. The sample included 68 students selected at random. Questionnaires were used to obtain information on individual knowledge and readiness to do BLS. This study’s data was analyzed by using the Wilcoxon test. The findings revealed a significant improvement in nursing students’ knowledge and readiness following BLS training using the Flipped Classroom method. The implementation of the flipped classroom technique has been shown to improve students’ comprehension and proficiency in administering first aid, contributing to the improvement of emergency response strategies.